Dijamin Berhasil, Ini 5 Cara Memilih Skincare yang Tepat

Anda juga harus hati-hati agar tak terjebak krim atau produk perawatan abal-abal

Headline, Konten363 Views

Channel Indonesia – Banyak produk skincare yang ditawarkan di Indonesia. Mereka menawarkan untuk mendapatkan kulit sehat, glowing, putih, kenyal hingga cantik mulus.

Anda pasti kebingungan memilih produk skincare untuk kulit anda, karena banyak sekali produk di indonesia yang terbilang cukup bagus dan menjanjikan. Lantas, anda melihat review dari influencer untuk memahami produk tersebut. Akan tetapi, kecicikan skincare di wajah orang lain bukan menjadi tolak ukur kecocokan di wajah anda juga. Adakah cara yang tepat untuk memilih skincare?

Dokter spesialis kulit, kelamin, dan estetika di Klinik Dermalogia, Arini Widodo mengatakan memang tak semua produk kecantikan bisa digunakan. Bukan hanya tidak cocok, Anda juga harus hati-hati agar tak terjebak krim atau produk perawatan abal-abal dengan kandungan yang justru berbahaya untuk kulit.

“Sebagai konsumen harus lebih pintar karena sekarang skincare itu banyak sekali dijual bebas. Jangan terjebak karena iklan dan iming-iming bisa bikin putih, sehat atau tergoda BA (brand ambassador) saja,” kata Arini saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (18/7).

Berikut tips memilih skincare yang aman dan sesuai kebutuhan kulit Anda:

1. Tentukan tipe dan masalah kulit

Sebelum beranjak ke toko kosmetik, sebaiknya pahami dulu kulit yang Anda miliki. Apakah jenis kulit Anda berminyak, kering, atau berada di tengah-tengah.

Selain itu, Anda juga harus tahu masalah apa yang sedang dihadapi kulit, misal jerawat, flek hitam, atau komedo berlebih.

“Jadi tidak ujug-ujug beli skincare, karena semua ini sangat penting untuk tahap selanjutnya. Skincare harus sesuai kebutuhan kulit bukan karena ingin saja, harus benar-benar memang butuh,” kata Arini.

2.Pilih produk yang aman

Utamakan memilih skincare yang sudah terbukti aman untuk digunakan. Hal yang paling mudah bisa dilakukan adalah melihat label BPOM pada kemasan.

Anda juga harus memastikan bahwa produk tersebut aman bagi yang sedang dalam kondisi tertentu, seperti hamil atau menyusui.

“Konsultasi ke dokter, untuk yang sedang hamil apakah produk dengan kandungan tertentu berbahaya. Jangan sampai berpengaruh pada perkembangan janin,” kata dia.

3.Selalu cek komposisi skincare

Selalu cek bahan-bahan yang digunakan dalam suatu produk sebelum Anda membelinya. Anda bisa memilih bahan yang sesuai untuk kebutuhan kulit.

Jika Anda telah membeli suatu produk baru, dan merasa tidak cocok setelah pemakaian beberapa kali bisa langsung dihentikan. Periksa juga bahan baru apa yang membuat kulit Anda tidak cocok dengan produk tersebut, hal ini bisa diterapkan pada pembelian berikutnya.

4. Periksa bentuk dan kondisi skincare

Selain bahan, bentuk dan kondisi skincare juga harus jadi pertimbangan. Anda harus melihat apakah kemasan yang digunakan higienis dan aman. Selain itu, cek juga tanggal kedaluwarsa dari skincare tersebut.

5.Jadi pembeli yang rasional

Anda juga harus selektif dalam membeli skincare. Jangan mudah terbujuk rayuan pedagang atau iklan apalagi promosi. Karena tidak semua produk bisa diaplikasikan atau cocok untuk kulit Anda.

Itulah 5 tips memilih produk skincare yang aman. Pastikan Anda menerapkannya sebelum memutuskan untuk membeli.(Dari betrbagai sumber/Annisa)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *