Tips Menyimpan Sayuran di Kulkas

Sayuran merupakan salah satu bahan makanan yang biasa disimpan di kulkas.

Konten452 Views

Channel Indonesia – Sayuran merupakan salah satu bahan makanan yang biasa disimpan di kulkas. Sayangnya, sayuran memiliki kadar air yang cukup tinggi sehingga tidak dapat disimpan di kulkas terlalu lama. Cara menyimpan sayuran di kulkas yang tepat akan menentukan kualitas bahan makanan tersebut.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan menyimpan sayuran di kulkas agar awet. Hal ini dapat menghindarkan sayur segar menjadi busuk dan cepat layu, sehingga kamu bisa tetap menggunakannya dalam jangka waktu tertentu.

Berikut cara menyimpan sayuran di kulkas supaya awet:

  1. Menyimpan sayur segar harus utuh, tidak dipotong dan dikeringkan, cukup dibungkus dengan tisu tebal, hal ini akan memperpanjang umur sayur
  2. Sayur segar jangan disimpan di freezer atau deep freezer karena dapat merusak kualitasnya kecuali sudah diolah.
  3. Bagian-bagian penyimpanan di kulkas memiliki fungsi yang berbeda. Jika freezer biasanya diisi dengan makanan beku, maka sayuran idealnya disimpan dalam rak paling bawah kulkas. Rak bagian tersebut mampu mengontrol kelembaban sayur sehingga sayur tidak mudah busuk.
  4. Jangan simpan sayur di suhu yang ekstrem. Suhu yang terlalu tinggi dapat membuat tingkat kematangan sayur menjadi tidak merata seperti melunak atau berkerut. Suhu yang terlalu rendah juga akan membuat sayur rusak ketika dicairkan, seperti lembek. Simpanlah pada suhu ideal kulkas yaitu antara 1-4 derajat celcius.
  5. Bagi para pekerja sibuk atau ibu rumah tangga yang tidak punya waktu untuk menyiapkan sayuran di pagi hari, sayuran bisa dipotong-potong dan direbus sehari sebelumnya. Kemudian, sayur tersebut bisa disimpan dalam wadah plastik berdinding tipis dan disimpan di lemari es atau freezer untuk digunakan keesokan harinya.
  6. Untuk mengawetkan daging mentah sama dengan mengawetkan sayur mayur, yaitu membiarkannya kering dan tidak perlu dicuci. Jika Anda membeli daging di supermarket, Anda bisa langsung memasukkannya ke dalam freezer.  Namun jika membelinya di pasaran, keringkan dengan tisu, masukkan ke dalam kotak plastik dan pastikan tidak ada udara tersisa di dalamnya, atau vakum.
  7. Untuk penyimpanan di freezer khususnya daging sebaiknya disimpan secara stabil pada suhu minus (-) 18 derajat Celcius, untuk umur simpan hingga satu tahun. Jika menggunakan freezer rumahan, umur simpan makanan bisa sampai 6 bulan asalkan tidak ada polusi udara.
  8. Pastikan kulkas kamu bersih setiap harinya. Makanan basi atau sayuran busuk dalam kulkas akan mempengaruhi sayuran lainnya. Sehingga pastikan untuk mengecek keadaan kulkas dan mengeluarkan sayuran maupun makanan yang sudah basi.  Hal tersebut menjaga kualitas dan kesegaran sayur yang disimpan menjadi lebih tahan lama. Lakukan juga pengecekan suhu kulkas secara berkala dan pastikan suhu tetap dalam derajat yang aman.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *