Tips dan Cara Memanaskan Mobil, Sesering dan Seberapa Lama?

Memanaskan mobil sebelum berkendara merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

Konten459 Views

Channel Indonesia – Memanaskan  mobil sebelum berkendara merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Selain memanaskan mobil sebelum digunakan, mobil dalam keadaan tidak sedang dipakai atau jarang dipakai,  juga harus tetap dipanaskan secara rutin.

Meski terkadang diabaikan oleh sebagian pengendara, memanaskan  mobil secara rutin dapat membantu meningkatkan kinerja dan usia mesin. Selain itu, memanaskan mesin mobil sebelum mengemudi sangat penting untuk menjaga performa  mobil dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Memanaskan mobil ternyata tidak hanya sekadar memanaskan saja. Ada waktu dan durasi yang harus diketahui agar mesin mobil tidak mudah rusak dan performa mesin mobil tetap terjaga. Berikut beberapa tips dan cara dalam memanaskan mobil dan lama waktunya

Tips memanaskan mobil: 

  1. Pastikan durasi

Tips memanaskan mobil yang pertama adalah memastikan durasi. Untuk mobil dengan mesin injeksi, Anda hanya perlu memanaskannya selama tiga sampai lima menit.

Pasalnya, memanaskan mobil terlalu lama hanya akan menghabiskan bahan bakar saja. Sedangkan ketika durasi memanaskan mobil tepat  maka akan membuat komponen mobil bekerja dengan benar.

Namun, untuk memanaskan mobil manual, Anda harus memanaskan mesin selama 5-10 menit agar putaran mesin dan komponen dapat bekerja dengan sempurna.

  1. Lakukan 1 atau 2 minggu sekali

Jika mobil Anda jarang dipakai, bukan berarti Anda tidak memanaskan kendaraan roda empat tersebut. Setidaknya, Anda harus memanaskan mobil satu sampai dua kali dalam seminggu. Hal ini dilakukan untuk menjaga performa mobil tetap prima.

  1. Jangan mainkan gas

Jangan memainkan gas saat memanaskan mobil. Anda hanya perlu memposisikan pedal pada kondisi idle untuk memanaskan mobil.

  1. Cek rem tangan dan posisi transmisi

Hal lain yang juga perlu diperhatikan ketika memanaskan mobil adalah memperhatikan bagian rem tangan dan juga posisi transmisi. Pastikan rem tangan mobil dalam keadaan aktif dan juga transmisi mobil dalam keadaan netral.

Hal ini dilakukan agar mobil tidak akan melaju ketika Anda memanaskan mesin mobil. Terlebih lagi jika mobil Anda berada di posisi jalanan yang miring atau tidak rata.

  1. Matikanlah AC

Tips memanaskan mobil selanjutnya yang harus diperhatikan adalah AC. Jika AC mati, hal ini dapat mengurangi beban mesin ketika dipanaskan.

Cara memanaskan mobil

Memanaskan mobil matic maupun manual sebenarnya cukup sederhana. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut adalah cara memanaskan mobil, baik mobil matic maupun manual.

  1. Cara memanaskan mobil manual
  • Periksa kondisi mesin dan oli mobil

Sebelum memanaskan mesin mobil, pastikan kondisi mesin dan oli dalam keadaan baik. Periksa level oli mesin dan pastikan tidak ada kebocoran mesin.

  • Nyalakan mesin.

Setelah itu, nyalakan mesin mobil dan biarkan mesin berjalan selama 5-10 menit. Selama waktu ini, pastikan mobil berada dalam kondisi diam.

  1. Cara memanaskan mobil matic
  • Pastikan mobil berada di tempat yang aman

Periksa kondisi mesin dan oli. Seperti memanaskan mesin mobil manual, pastikan kondisi mesin dan oli dalam keadaan baik sebelum memanaskan mesin mobil matic.

  • Tekan rem dan nyalakan mesin

Saat memanaskan mesin mobil matic, pastikan mobil berada dalam posisi parkir dan rem ditekan.Setelah itu, nyalakan mesin mobil dan biarkan mesin berjalan selama 3-5 menit.

  • Pindahkan tuas persneling ke posisi D atau R.

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *