Tips Anak Tidak Rewel Saat Perjalanan Jauh

Biasanya Anak sering rewel pada saat perjalanan jauh.

Konten303 Views

Channel Indonesia – Biasanya Anak sering rewel pada saat perjalanan jauh. Anak yang rewel saat perjalanan jauh bisa membuat kepala pusing dan perjalanan akan terasa tidak menyenangkan. Meski begitu, sebagai orang tua tentu harus bisa menenangkan si Kecil.

Pada keadaan tenang di rumah, mengatasi kerewelan anak relatif lebih mudah dibandingkan saat kondisi tertentu, misalnya pada saat menempuh perjalanan jauh .

Anak biasanya akan tidur dan tenang bila kenyang serta merasa nyaman dengan suasana yang ada. Orang tua dapat mencoba memenuhi keduanya, agar anak dapat merasa nyaman saat perjalanan jauh.

Hal ini wajib Anda kuasai jika Anda gemar melakukan family travelling. Karena ketika anak nyaman dan tenang, maka semuanya senang!

Sebaliknya, jika anak rewel, maka hal itu dapat mengganggu konsentrasi pengemudi. Apalagi ketika Anda dan pasangan memilih untuk melakukan perjalanan menggunakan kendaraan umum, hal ini juga dapat mengganggu kenyamanan penumpang lain. Oleh karena itu, simak 5 tips agar anak tidak rewel saat perjalanan jauh berikut ini!

Tips supaya anak tidak rewel ketika  perjalanan jauh

  1. Penuhi kebutuhan dasar anak

Jika si kecil mulai rewel, cari tahu penyebabnya sehingga Anda dan pasangan dapat mengatasi langsung. Jika anak sudah bisa diajak berkomunikasi, orangtua dapat menanyakannya secara langsung.

Lapar, haus, ingin BAB dan BAK merupakan beberapa penyebab anak rewel yang cukup umum. Pastikan segala kebutuhan tersebut dapat orang tua pahami dan penuhi. Jika anak masih bayi atau balita, pastikan Anda selalu siap sedia akan susu dan juga diapers di tas.

  1. Edukasi kepada anak dari jauh-jauh hari

Anak-anak terbiasa dengan keteraturan. Jadi hal-hal yang tidak ia kenali biasanya akan membuat mereka panik dan tidak nyaman. Oleh karena itu, edukasi dari jauh-jauh hari adalah hal yang sangat penting dilakukan.

Jika ingin pergi ke suatu tempat, usahakan untuk memberi tahu mereka setidaknya 3 hari sebelum keberangkatan. Atau jika perjalanannya akan jauh dan lama, beri tahu setidaknya 1 atau 2 minggu sebelumnya.

Memberi tahu detailnya juga sangat penting  dilakukan , seperti akan naik apa, berapa lama, pergi dengan siapa saja. Juga, apa saja yang harus disiapkan dan apa yang harus dilakukan. Setelah mereka mengetahui dan terbiasa dengan rencana tersebut, semuanya akan  menjadi lebih mudah dan menarik bagi mereka.

  1. Lakukan perjalanan di waktu tidur anak

Merencanakan perjalanan panjang di sekitar jadwal tidur anak adalah salah satu tips untuk menghindari kebosanan dan rewel. Dengan begitu, anak diharapkan bisa tertidur selama perjalanan berlangsung. Anda juga bisa merencanakan sebuah perjalanan malam, tapi sebelumnya pastikan kondisi para orangtua berada dalam kondisi prima.

  1. Antisipasi mabuk perjalanan

Salah satu penyebab anak rewel saat bepergian adalah mabuk perjalanan. Anda bisa mempersiapkan beberapa hal untuk mencegah mabuk perjalanan seperti snack, minuman segar, obat anti mabuk, hingga minyak telon.

  1. Istirahat di sela-sela perjalanan

Jika Anda bepergian menggunakan mobil, jangan lupa sesekali sediakan waktu untuk istirahat dengan berhenti sejenak. Seringkali anak membutuhkan waktu untuk sekadar meregangkan kaki agar tidak bosan dan rewel. Waktu ini juga bisa dimanfaatkan untuk pergi ke toilet atau makan dan minum terlebih dahulu.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *