Berikut Tips Mencegah Mabuk Perjalanan ‎

Mabuk perjalanan adalah sebuah kondisi tidak nyaman yang dapat dialami saat bepergian dengan kendaraan tertentu.

Konten152 Views

Channel Indonesia – Mabuk perjalanan adalah sebuah kondisi tidak nyaman yang dapat dialami saat bepergian dengan kendaraan tertentu. Biasanya mabuk perjalanan ditandai dengan beberapa reaksi yang bermacam-macam seperti pusing atau sakit kepala, mual hingga muntah.

Sebagian besar orang yang mengalami mabuk perjalanan adalah anak-anak. Namun banyak pula orang dewasa yang masih mengalami mabuk perjalanan. Meski tidak berbahaya namun mabuk perjalanan bisa menghambat aktivitas dan membuat perjalanan menjadi tidak menyenangkan.

Di sisi lain, mabuk perjalanan membuat seseorang trauma melakukan perjalanan jauh menggunakan kendaraan tersebut. Oleh sebab itu, kondisi ini harus ditangani agar tidak lagi kejadian mabuk dalam perjalanan.

Namun tidak perlu khawatir, karena mabuk perjalanan dapat diatasi. Berikut ulasannya.

Tips mencegah mabuk perjalanan saat bepergian:

    1. Pilih tempat duduk yang sesuai

Mabuk perjalanan akan lebih parah ketika salah pilih tempat duduk saat berada di kendaraan. Cobalah untuk mengubah tempat duduk, hal ini akan membantu mengurangi gejala mabuk perjalanan yang dirasakan.

Cari posisi duduk paling nyaman di dalam kendaraan. Contohnya seperti duduk di bagian sayap dan jendela dalam pesawat, hindari menghadap belakang saat berada dalam kapal, kereta api, atau bus dan duduk di menghadap ke depan  saat berkendara dengan mobil. Hal ini mungkin bisa membantu mengurangi gejala mabuk perjalanan yang Anda rasakan

     2. Mencari udara segar

Saat melakukan perjalan jauh, umumnya kita akan merasa bosan dan penat. Apalagi jika melewati jalanan yang berliku dan macet. Akibatnya kita akan merasa suntuk dalam mobil. Untuk mengatasinya Anda bisa mencari udara segar . Cobalah untuk membuka sedikit jendela agar dapat menghirup udara segar. Hal ini akan membantu saat seseorang merasa mual dan pusing.

     3. Hindari membaca buku atau bermain ponsel

Membaca buku atau bermain ponsel ketika dalam perjalanan dapat menimbulkan rasa pusing atau mual karena kegiatan tersebut daapt menyebabkan ketidakselarasan antara telinga dan mata. Hal ini disebabkan ketidakselarasan antara telinga dan mata, jadi ketika mata terfokus pada satu titik, tubuh berusaha untuk menyeimbangkan posisi karenan adanya guncangan saat dalm perjalanan. Saat itulah rasa mual atau pusing akan muncul.

      4. Hindari makan terlalu kenyang sebelum bepergian

Mengisi perut sebelum melakukan perjalanan memang sangat perlu, namun jangan sampai berlebihan karena guncangan dari kendaraan bisa menyebabkan mual dan pusing.

      5.  Mendengarkan musik

Mendengarkan musik bisa menenangkan dan membantu untuk mengatasi mual yang mengganggu. Pilihlah musik apa pun sesuai dengan selera untuk mengatasi masalah ini.

    6. Istirahat

Cara selanjutnya untuk mengatasi mabuk di jalan adalah dengan menutup mata dan bernapas secara perlahan. Jika bepergian menggunakan mobil, silahkan untuk membuka kaca jendela dan menghirup udara segar beberapa menit.

      7. Sediakan aroma terapi

Aromaterapi atau minyak angin juga bisa membantu mengurangi rasa mual dan tidak nyaman karena mabuk saat di jalan. Aroma tersebut bisa didapatkan dari minyak esensial tertentu, seperti minyak kayu putih lavender, lemon, atau rempah-rempah, termasuk adas dan kapulaga.

8. Konsumsi makanan ringan atau permen

Meskipun dinamakan makanan ringan, ternyata makanan tersebut memiliki dampak yang cukup besar untuk meminimalisir terjadinya rasa pusing dan mual saat di perjalanan.

Jadi, pastikan untuk selalu menyediakan makanan ringan untuk dibawa menjadi teman saat di perjalanan. Seseorang dapat membawa snack seperti keripik, makanan manis, buah-buahan ataupun permen dengan rasa mint untuk mencegah dan mengurangi perasaan mual.

9. Hindari makanan yang memicu asam lambung

Hindari mengonsumsi makanan pedas, berminyak, dan asam sebelum maupun selama di perjalanan. Pasalnya, makanan-makanan tersebut dapat memicu naiknya asam lambung. Kondisi tersebut menyebabkan mual dan muntah dan memperparah keluhan mabuk perjalanan.

Lebih baik, konsumsilah makanan ringan, seperti roti, biskuit, pisang, dan apel, yang aman bagi lambung.

10. Minum obat

Jika beberapa cara di atas telah dilakukan, tetapi mabuk perjalanan yang dialami belum juga mereda, Anda bisa minum obat mabuk perjalanan, seperti dimenhydrinate atau scopolamine. Agar bekerja dengan maksimal, obat mabuk perjalanan harus diminum sebelum Anda bepergian.

 

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *