Ini 7 Manfaat Konsumsi Susu Unta bagi Kesehatan ‎

Susu unta telah berabad-abad lamanya menjadi sumber nutrisi penting di lingkungan yang kering seperti gurun.

Konten311 Views

Channel Indonesia – Susu unta telah berabad-abad lamanya menjadi sumber nutrisi penting di lingkungan yang kering seperti gurun. Hal ini dikarenakan terdapat berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari konsumsi susu unta. Mekipun telah banyak berbagai jenis susu dari tumbuhan dan hewan lainnya.  Saat ini susu unta diproduksi dan dijual secara komersial di banyak negara

Tidak jauh berbeda dengan susu sapi, susu unta memiliki rasa yang manis dan tidak terlalu asin serta tekstur yang creamy. Di Indonesia sendiri, susu unta memang tidak sepopuler susu sapi atau susu kambing. Hal ini dikarenakan distribusi susu unta di Indonesia masih sangat terbatas.

Kandungan kalori, protein, dan karbohidrat pada susu unta kurang lebih setara dengan susu sapi segar. Namun, kadar gula dan lemak jenuh susu unta lebih rendah dibandingkan dengan susu jenis lainnya.

Susu unta juga memiliki kadar gula dan kolesterol yang lebih rendah jika dibandingan dengan susu yang berasal dari hewan lainnya.

Selain itu, susu unta juga mengandung vitamin dan mineral yang tinggi, termasuk vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, kalium, kalsium, fosfor, zat besi, tembaga dan magnesium.

Berkat banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya, tak heran jika susu ini memberikan beragam manfaat kesehatan

Berikut Beberapa Manfaat Susu Unta bagi Kesehatan

    1. Alternatif bagi orang dengan alergi susu sapi atau intoleransi laktosa

Susu unta mengandung jenis protein yang berbeda dengan susu sapi, sehingga bisa menjadi pilihan bagi penderita alergi susu sapi. Selain itu, susu unta juga mengandung lebih sedikit laktosa dibandingkan dengan susu sapi, sehingga mungkin masih bisa diterima oleh penderita intoleransi laktosa.

     2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Susu unta mengandung senyawa laktoferin dan imunoglobulin, protein yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Di dalam tubuh, laktoferin bertindak sebagai antibakteri, antijamur, antivirus, antiinflamasi, dan antioksidan sehingga tubuh bisa terlindungi dari berbagai macam penyakit.

Di samping itu, whey protein pada susu unta juga diduga memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan bakteri atau virus penyebab penyakit.

Oleh karena itu, susu unta dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan hal ini penting untuk membuat tubuh terhindar dari penyakit infeksi.

      3. Meningkatkan fungsi otak

Susu unta dipercaya bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak pada anak yang mengalami kelainan perilaku. Hal ini diperkuat dengan sejumlah penelitian terhadap anak dengan autisme. Meski begitu, susu unta tetap tidak bisa dijadikan pengganti terapi autisme.

Susu unta juga diduga bermanfaat bagi penderita penyakit neurodegeneratif, misalnya penyakit Parkinson dan penyakit Alzheimer. Akan tetapi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat ini.

      4. Mencegah diabetes

Susu unta memiliki kandungan gula yang lebih rendah. Oleh karena itu, susu unta pilihan yang baik bagi penderita diabetes maupun orang sehat. Diketahui bahwa susu unta dapat mengontrol kadar gula darah sekaligus membantu menurunkan resistensi insulin.

Susu unta telah terbukti mampu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Susu ini mengandung protein yang bisa bertindak seperti insulin dan zinc yang dapat membantu meningkatkan kemampuan sel untuk menyerap gula darah.

        5. Menjaga kesehatan jantung

Salah satu manfaat konsumsi susu unta adalah dapat menjaga jantung tetap sehat.  Hal ini dikarenakan susu unta mengandung lemak jenuh yang lebih sedikit dibanding susu sapi. Selain itu, susu unta memiliki kandungan lemak tak jenuh yang lebih banyak. Lemak tidak jenuh ini baik untuk mencegah penyakit jantung, salah satunya penyakit jantung koroner.

        6. Mengatasi diare

Manfaat susu unta selanjutnya adalah membantu melawan patogen termasuk penyebab diare. Secara tradisional, susu unta telah digunakan untuk mengobati diare yang disebabkan oleh rotavirus selama ratusan tahun.

Kemampuan susu unta dalam mengatasi diare didapatkan dari antibodi yang terkandung di dalamnya.

7. Menjaga kesehatan tulang

Sama dengan susu sapi, susu unta mengandung vitamin D dan berbagai mineral yang diperlukan tubuh, seperti kalsium, zink, dan fosfor.  Tanpa vitamin D, tubuh tidak bisa menyerap ketiga mineral ini. Selain itu, mengonsumsi ketiga mineral ini akan memberikan nutrisi bagi tulang agar tetap kuat dan padat.

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *