Ini 9 Efek Samping Konsumsi Teh Berlebihan bagi Kesehatan ‎

Teh memilki berbagai manfaat bagi kesehatan, namun apabila dikonsumsi secara berlebihan teh dapat menimbulkan efek samping

Konten322 Views

Channel Indonesia – Teh memilki berbagai manfaat bagi kesehatan, namun apabila dikonsumsi secara berlebihan teh dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan.Teh merupakan salah satu minuman yang banyak disukai oleh sebagian besar masyarakat. Pada umumnya teh dikonsumsi di pagi hari. Meminum teh sebelum memulai aktifitas merupakan ritual wajib di berbagai kalangan, terutama di Indonesia.

Tidak hanya berperan sebagai minuman yang menyegarkan, teh juga dapat membuat kualitas tidur kita menjadi lebih baik. Teh memang baik untuk kesehatan, tapi minum teh terlalu banyak bisa memicu masalah kesehatan.

Ini 9 efek samping konsumsi teh secara berlebihan.
1. Gangguan Tidur

Walau  memiliki kandungan kafein yang lebih sedikit, namun layaknya kopi, teh juga dapat menyebabkan gangguan susah tidur. Satu cangkir teh hitam dan teh hijau mengandung sekitar 40 miligram kafein. Walaupun kandungan ini lebih sedikit daripada kopi, namun jika mengonsumsinya secara berlebihan maka dapat menimbulkan berbagai gangguan tidur.

Apabila seseorang memiliki tubuh yang sensitif terhadap kafein, minum teh sebelum tidur akan memperparah gangguan tidur di malam hari.

 2. Sakit Kepala

Adanya tanin pada teh dapat mengiritasi sistem pencernaan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Meskipum teh sering digunakan sebagai obat alami untuk sakit kepala, konsumsi berlebihan justru dapat memicu sakit kepala pada beberapa individu.

   3. Heartburn atau Asam Lambung

Heartburn atau asam lambung ditandai dengan rasa perih dan terbakar di dada karena naiknya isi lambung ke kerongkongan. Kondisi ini menjadi salah satu dampak negatif minum teh berlebihan. Senyawa kafein dalam teh mampu memicu isi lambung lebih mudah naik ke kerongkongan. Bukan itu saja, kafein merangsang produksi total asam lambung menjadi berlebihan.

     4. Anemia

Selain itu, dampak buruk minum teh berlebihan lainnya untuk kesehatan adalah dapat menyebabkan anemia. Hal ini sangat berdampak terutama pada orang-orang yang memiliki masalah dalam penyerapan zat besi dan gangguan perdarahan.

Kandungan tanin pada teh yang bisa mengganggu proses penyerapan zat besi oleh tubuh menjadi penyebab utamanya. Menurut laporan dari Colorado State University, minum teh bisa mengurangi penyerapan zat besi hingga 60%.

      5. Masalah gigi

Mengkonsumsi teh secara berlebihan akan merusak gigi. Hal ini dikarenakan tanin yang ada pada teh akan menempel pada sela-sela gigi. Jika tanin tersebut menumpuk, maka akan menyebabkan adanya kerusakan pada gigi dan menimbulkan karang gigi.

      6. Kegelisahan

Kebanyakan minum teh mampu menghilangkan stres. Namun, kebiasaan ini justru dapat memperparah stres dan kecemasan yang dialami. Terlalu banyak konsumsi kafein bisa memicu kegelisahan.

Sama seperti kopi, teh sebenarnya juga mengandung kafein. Jika terlalu banyak minum teh, maka dapat menyebabkan kegelisahan, mudah cemas, meningkatnya detak jantung, dan masalah yang berhubungan dengan tidur.

Kafein memang akan memberikan dampak yang berbeda-beda pada setiap orang. Oleh karena itu, pada sebagiab orang minum teh berlebihan dapat menyebabkan gelisah karena kandungan kefein.

    7.  Meningkatkan risiko osteoporosis

Selain itu, efek samping minum teh berlebihan untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat menimbulkan masalah pada tulang. Kebanyakan minum teh ternyata meningkatkan risiko osteoporosis karena berkurangnya kepadatan tulang. Tulang yang sehat membutuhkan banyak kalsium agar tetap kuat.

Sedangkan, minum teh hijau lebih dari tiga cangkir dalam sehari dapat meningkatkan kadar kalsium yang terbuang dari tubuh melalui air seni. Padahal, teh sendiri bersifat diuretik atau memicu kerja ginjal untuk memproduksi dan mengeluarkan urin

8. Mengganggu Penyerapan Zat Besi

Senyawa tanin dalam teh berisiko mengganggu penyerapan zat besi. Hal tersebut dapat menjadi pemicu defisiensi zat besi. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, jangan konsumsi teh saat waktu makan .

9. Meningkatkan risiko batu ginjal

Bahaya meminum teh hitam dalam jumlah yang berlebihan dapat meningkatkan risiko terjadinya batu ginjal. Ini karena teh hitam mengandung oksalat, yang dapat membentuk kristal dalam urin dan menyebabkan pembentukan batu ginjal

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *