Ini 8 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan, Dapat Mencegah Kanker hingga Meningkatkan Kesehatan Kulit

Brokoli merupakan salah satu jenis sayur-sayuran yang tergolong dalam keluarga kubis-kubisan (Brassicaceae).

Konten211 Views

Channel Indonesia – Brokoli merupakan salah satu jenis sayur-sayuran yang tergolong dalam keluarga kubis-kubisan (Brassicaceae). Sayur ini berasal dari kawasan Laut Tengah dan telah dibudidayakan sejak Yunani kuno. Sayur Brokoli sering disebut juga sebagai “Sayuran Super” karena mengandung berbagai Nutrisi atau Gizi tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Brokoli mengandung sumber antioksidan yang tinggi dan memiliki kandungan nutrisi tambahan berupa magnesium, fosfor, seng, dan zat besi. Kandungan nutrisi inilah yang membuat brokoli sering dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

8 Manfaat Brokoli untuk Kesehatan Tubuh :

  1. Mengurangi risiko kanker

Brokoli dipercaya dapat bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker. Berbagai kandungan brokoli yang bermanfaat sebagai zat anti kanker adalah berbagai fitonutrien, vitamin C, vitamin A, dan vitamin E serta jenis mineral seperti kalium dan selenium.

Kandungan nutrisi ini dapat berperan sebagai anti-oksidan dan membantu metabolisme serta mencegah inflamasi pada tingkat sel yang merupakan fase awal dari perkembangan kanker.

Tidak hanya itu, dalam brokoli juga terkandung sulforaphane. Zat inilah yang memberikan rasa pahit pada brokoli. Namun, kandungan zat ini diyakini dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, seperti  kenker usus besar dan kanker paru-paru.

  1. Membantu mengatur gula darah

Penelitian pada manusia dan laboratorium menunjukkan senyawa dalam brokoli dapat membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Efek ini mungkin disebabkan oleh antioksidan dalam brokoli, seperti vitamin C. Penelitian menunjukkan bahwa serat juga dapat membantu pengelolaan gula darah.

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan serat dalam brokoli bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan usus serta melancarkan pencernaan sehingga mencegah terjadinya sembelit.

Kemudian , jenis mineral seperti magnesium dan vitamin dalam brokoli juga berkhasiat untuk meningkatkan penyerapan nutrisi sekaligus mencegah inflamasi pada saluran pencernaan.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C, mineral, dan fitonutrien dari brokoli bermanfaat untuk membantu membangun imunitas tubuh dan mencegah berbagai infeksi. Sistem imun atau kekebalan tubuh adalah senyawa penting yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari mikroorganisme penyebab berbagai macam penyakit.

  1. Memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah

Salah satu manfaat brokoli adalah menjaga kesehatan jantung. Ini karena kandungan serat, antioksidan, dan kalium yang cukup banyak di dalam brokoli.

Serat dan antioksidan pada brokoli bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan mencegah pembentukan plak (aterosklerosis) di pembuluh darah. Sedangkan kalium bermanfaat untuk membantu menjaga tekanan darah dan irama jantung tetap stabil.

Penelitian menunjukkan senyawa bioaktif tertentu dalam brokoli dapat meningkatkan kesehatan jantung dalam berbagai cara.  Menurunkan trigliserida dan kolesterol LDL (“jahat”) : “LDL yang tinggi dapat menyebabkan timbunan lemak di dinding arteri, meningkatkan risiko penyakit arteri, stroke dan serangan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa makan brokoli dapat menurunkan trigliserida, sejenis lemak, serta LDL.

  1. Memelihara kesehatan mata

Beta karoten merupakan senyawa yang saat sudah masuk ke dalam tubuh akan berubah menjadi vitamin A. Maka dari itu, kandungan beta karoten dalam brokoli juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, gigi, dan meningkatkan penglihatan.

Selain meningkatkan kesehatan mata, beta karoten juga bermanfaat untuk melindungi mata dari penyakit seperti katarak dan degenerasi makula.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Brokoli memiliki kandungan kalsium, fosfor, dan vitamin K yang cukup tinggi. Kandungan nutrisi ini dapat bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang, memperkuat tulang dan sendi, serta mencegah penyakit osteoporosis yang membuat tulang keropos.

  1. Meningkatkan kesehatan kulit

Manfaat atau khasiat lainnya dari kandungan vitamin C, vitamin A, dan vitamin E dalam brokoli yaitu dapat mencerahkan sekaligus membantu mengganti jaringan kulit yang rusak.

Lalu, kandungan fitonutrien juga berkhasiat untuk mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

 

(Dari berbagai sumber/Mifta Khurokhmah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *