Luar Biasa, Ini 8 Manfaat Seledri bagi ‎Kesehatan

Seledri (Apium graveolens L.) merupakan salah satu sayuran yang sering dijadikan pelengkap ataupun penghias masakan.

Konten331 Views

Channel Indonesia – Seledri (Apium graveolens L.) merupakan salah satu sayuran yang sering dijadikan pelengkap ataupun penghias masakan. Namun, sayuran ini bukanlah sekadar pelengkap makanan yang menambahkan aroma dan rasa pada hidangan saja. Akan tetapi tanaman yang termasuk dalam keluarga Apiaceae ini memiliki manfaat dan kandungan yang luar biasa untuk kesehatan.

Seledri sendiri dikenal sebagai sayuran tinggi serat serta kaya akan karbohidrat dan protein yang termasuk dalam makronutrisi. Seledri juga mengandung beragam vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, folat, kalsium, magnesium, kalium, dan kolin. Berbagai jenis antioksidan pun terkandung di dalamnya, seperti beta karoten, lutein, zeaxanthin, dan flavonoid. Berkat kandungan nutrisi didalamnya seledri memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan.   Berikut beberapa manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari konsumsi seledri.

Manfaat seledri bagi kesehatan

1. Menurunkan tekanan darah

Seledri kaya akan fitokimia yang dikenal sebagai phthalides, senyawa ini diperkirakan dapat merelaksasi jaringan dinding arteri untuk meningkatkan aliran darah yang sehat. Selain itu, seledri juga merupakan salah satu sumber serat yang baik. Dimana asupan tinggi serat juga dapat membantu menjaga tekanan darah lebih stabil.

2.    Mengontrol kadar gula darah

Ekstrak etil asetat yang terkandung dalam daun seledri dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah. Bahkan Berbagai studi menunjukkan bahwa konsumsi daun seledri dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah cukup tinggi, bisa mencapai 20 persen.

3. Mencegah kanker

Seledri kaya akan antioksidan dan kandungan flavonoid seperti apigenin dan luteolin, vitamin C serta lunularin dan bergapten. Kandungan tersebut dapat membantu mencegah munculnya stres oksidatif yang berdampak pada kanker.

Apigenin dalam seledri merupakan sebuah agen kemopreventif yang bersifat karsinogenik yang dapat membantu menghancurkan radikal bebas dalam tubuh.

Selain itu, kandungan tersebut juga dapat melakukan autophagy yakni proses untuk menghilangkan sel-sel disfungsional dalam tubuh.

4. Mencegah dan mengobati Alzheimer

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak biji seledri dikenal sebagai L-3-n-butylphthalide yang dapat membantu meningkatkan kognisi dan memori. Ekstrak tersebut dapat berperan dalam mengobati Alzheimer dan mencegahnya berkembang sejak awal.

Selain itu, sebuah penelitian juga menemukan hubungan antara luteolin atau flavonoid yang ditemukan dalam seledri dengan penurunan tingkat kehilangan memori terkait usia.

Luteolin sendiri dapat dilakukan menenangkan peradangan otak dan membantu pengobatan peradangan saraf sehingga dapat mengurangi risiko neurodegenerasi.

5. Menjaga kesehatan Lambung

Batang seledri juga mengandung pektin. Dimana pektin ini baik untuk membantu memperbaiki lapisan lambung.

Lambung adalah organ yang paling rentan mengalami masalah. Entah karena kadar asam lambung yang terlalu tinggi, maupun infeksi bakteri yang bisa menyebabkan luka. Khasiat daun seledri ini juga bisa didapatkan orang dengan masalah lambung.

6. Melawan radikal bebas

Terdapat sekitar 12 jenis antioksidan pada batang seledri, di antaranya beta-karoten dan flavonoid. Antioksidan dapat berperan dalam melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan stres oksidatif yang berujung dengan kerusakan sel. Radikal bebas  sendiri ada pada polusi, asap rokok, proses metabolisme tubuh, dan sinar ultraviolet. Dengan adanya antioksidan dari seledri, sel-sel tubuh akan terlindungi dari kerusakan.

7. Memelihara kesehatan jantung

Salah satu manfaat seledri bagi kesehatan adalah menjaga kesehatan jantung. Manfaat ini diperoleh dari kandungan kalium dalam seledri yang mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol serta menjaganya tetap normal. Kalium juga penting untuk mengatur irama detak jantung.

Selain itu, seledri juga mengandung serat dan antioksidan yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol, sehingga dapat mencegah terbentuknya sumbatan atau plak di pembuluh darah jantung (aterosklerosis).

8. Menyehatkan mata

Seledri juga termasuk salah satu sayuran yang baik untuk kesehatan dan fungsi mata. Ini karena seledri kaya akan vitamin A dan antioksidan, seperti lutein. Aneka nutrisi tersebut baik dikonsumsi untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit pada mata, seperti katarak dan degenerasi makula.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *