Ini Tips Menjaga Cat Mobil di ‎Cuaca Ekstrem

Indonesia sering kali mengalami hari-hari dengan cuaca yang cukup ekstrem.

Konten265 Views

Channel Indonesia – Indonesia sering kali mengalami hari-hari dengan cuaca yang cukup ekstrem. Kadang panas  sangat terik, kadang hujan lebat. Bahkan kadang dalam satu hari yang sama terjadi keduanya. Cuaca pun sulit diprediksi. Hal ini tentunya mempengaruhi kondisi mobil, khususnya pada cat yang tidak dipungkiri bisa membuat pudar jika tidak diperhatikan dengan baik.

Untuk itu agar cat mobil tetap terjaga dalam cuaca ekstrem, pemilik kendaraan perlu memberikan perhatian khusus pada perawatan mobilnya. Hal ini dilakukan agar mobil tetap bersinar meskipun terkena panas, debu, atau hujan.

Berikut beberapa tips perawatan untuk menjaga cat mobil dari cuaca ekstrem.
  1. Parkirkan mobil pada tempat teduh

Simpanlah mobil beroda empat di lokasi yang terlindungi seperti dalam garasi. Atau juda dapat di simpan di bawah naungan pohon yang memberikan keteduhan, atau di tempat parkir beratap adalah tindakan yang bijak.

Saat cuaca sangat panas, menempatkan mobil di lingkungan yang sejuk untuk melindunginya dari sinar matahari langsung dapat membantu mencegah cat mobil dari menjadi pudar dengan cepat. Begitupun saat hujan, untuk menjaga cat mobil tetap awet tempatkan mobil pada tempat yang teduh atau aman dari hujan.

  1. Cuci mobil setelah terkena hujan

Setelah terkena hujan, disarankan untuk segera mencuci dan mengeringkan mobil. Hal ini bertujuan untuk menghapus zat asam yang ada dalam air hujan yang dapat merusak cat mobil dan dapat menyebabkan jamur.

Tidak perlu menggunakan sabun, cukup bilas dengan air bersih untuk menghilangkan air hujan dari permukaan mobil, dan pastikan mengeringkannya dengan baik agar debu tidak mudah menempel pada kendaraan.

  1. Hindari sinar matahari langsung

Paparan sinar matahari langsung pada mobil dapat mengurangi intensitas warna pada catnya. Oleh sebab itu, disarankan untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung pada mobil agar warna catnya tetap awet tahan lama.

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *