Luar Biasa, Ini Manfaat Konsumsi Jagung bagi Kesehatan ‎

Jagung merupakan salah satu jenis biji-bijian yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. 

Konten227 Views

Channel Indonesia – Jagung merupakan salah satu jenis biji-bijian yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.  Jagung, yang dikenal dengan nama ilmiah Zea mays, merupakan salah satu tanaman pangan paling penting di dunia. Selain rasanya yang lezat dan mudah didapat, jagung juga kaya nutrisi, dan padat gizi yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Jagung merupakan salah satu bahan pangan yang kaya serat, karbohidrat, protein, serta vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh.  Jagung diketahui mengandung berbagai nutrisi seperti air, protein, karbohidrat, gula, serat dan lemak.

Walaupun mengandung karbohidrat, namun jagung cukup aman untuk seseorang yang sedang menjalankan program diet. Pasalnya, makanan ini diketahui rendah kalori. Dalam 100 gram jagung rebus diketahui hanya mengandung 96 kalori.

Jagung juga rendah gula yaitu melalui kandungan gula hanya sekitar 1-3% saja dari berat keringnya. Namun, kadar gula ini bisa berbeda tergantung varietasnya. Jagung manis diketahui mengandung gula lebih tinggi hingga 18% dari bobot keringnya. Serat yang ada dalam jagung juga cukup variatif mulai dari hemiselulosa, selolusa, dan lignin.

Kandungan vitamin dan mineral dalam bahan pangan ini juga cukup lengkap. Jagung diketahui mengandung kalium, vitamin A, vitamin C, thiamin, riboflavin, vitamin B6, niasin, zat besi, magnesium, fosfor, zinc, tembaga, asam pantotenat, dan lain-lain.

Dari berbagai nutrisi dan gizi yang terdapat pada jagung membuat bahan pangan satu ini memiliki berbagai manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat jagung bagi kesehatan.

Manfaat Komsumsi Jagung Bagi Kesehatan
1. Meminimalisir Risiko Diabetes Tipe 2

Salah satu makanan yang disarankan bagi penderita diabetes ialah jagung. Manfaat ini dapat diperoleh dari konsumsi jagung ungu, yang diketahui kaya akan polifenol yang disebut antosianin.

Pasalnya, senyawa ini terbukti bisa meningkatkan regulasi insulin dan glukosa sampai mencegah diabetes tipe 2.

2. Memelihara Kesehatan Mata

Jagung mengandung vitamin A yang terdiri dari senyawa zeaxanthin dan lutein yang dapat membantu untuk menjaga kesehatan penglihatan  Adapun, kedua senyawa tersebut juga dapat mencegah degenerasi makula yang umumnya terjadi pada lansia.

Selain itu, dalam jagung rebus juga terkandung vitamin E, vitamin C, tembaga, sampai zinc yang dapat membantu menjaga kesehatan mata

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat lain dari jagung yaitu dapat  memelihara kesehatan jantung. Pasalnya, jagung mengandung serat tinggi dan dapat mengurangi kolesterol. Tak cuma itu, jagung juga menggunakan kalium yang dapat menjaga tekanan darah.

Selain itu, kandungan magnesium dalam jagung juga dapat mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung iskemik.

4. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Semua orang tentunya menginginkan berat badan yang ideal. Mengatur asupan makanan dapat menjadi salah satu cara untuk menjaga berat badan kita. Adapun, kita tahu bahwa jagung adalah salah satu pilihan makanan diet yang enak dan mengenyangkan.

Jagung mengandung kalori rendah dan serat tinggi, sehingga dapat dikonsumsi pada saat diet.

5. Cegah Kecacatan Pada Bayi

Selanjutnya, jagung juga bermanfaat bagi ibu hamil. Yaitu dapat mencegah kecacatan pada bayi yang akan lahir. Pasalnya, bahan pangan ini mengandung asam folat yang dapat mengurangi risiko kelainan pada janin.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat jagung selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin C dalam jagung memiliki efek antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

7. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Jagung juga bermanfaat dalam membantu dalam peningkatan kepadatan tulang. Dalam 100 gram jagung terdapat sekitar 500 mg fosfor, yang hampir memenuhi kebutuhan harian fosfor orang dewasa. Dimana fosfor diperlukan untuk meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang serta gigi.

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *