Dapat Mencegah Kanker , Ini Manfaat Luar Biasa Konsumsi Bayam bagi Kesehatan

Bayam (Amaranthus) merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang dapat ditemukan di berbagai negara, temasuk Indonesia.

Konten73 Views

Channel Indonesia – Bayam (Amaranthus) merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang dapat ditemukan di berbagai negara, temasuk Indonesia. Tanaman yang sering diolah menjadi sayur bening ini diketahui memiliki beragam kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Sayuran hijau ini mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk membantu menjaga kesehatan.  Bayam adalah sayur dengan sumber vitamin K, vitamin A (dalam bentuk karetonoid), mangan, folat, tembaga, vitamin B2, vitamin B6, vitamin E, kalsium, dan vitamin C yang sangat baik.

Selain vitamin, manfaat konsumsi bayam juga dipengaruhi kandungan nutrisi lainnya. Seperti antosianin, beta-karoten, mineral seperti kalium, antioksidan, dan masih banyak lagi. Kandungan nutrisi inilah yang membuat makan bayam bisa menghindarkan dari berbagai masalah penyakit.

Manfaat Konsumsi Bayam bagi Kesehatan

1. Mendukung proses pemulihan luka

Antioksidan yang terkandung dalam bayam diketahui memiliki sifat antiradang. Berkat efek tersebut, bayam dianggap baik dikonsumsi untuk mempercepat proses pemulihan luka.

2. Menjaga kesehatan mata

Manfaat bayam selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata. Manfaat ini diperoleh dari tiga jenis karotenoid, yaitu lutein, beta karoten, dan zeaxanthin, yang terkandung dalam bayam.

Selain meningkatkan kesehatan mata, ketiga jenis karotenoid tersebut juga dapat menurunkan risiko terjadinya beberapa gangguan pada mata, seperti katarak dan degenerasi makula. Jika tidak ditangani, kedua gangguan pada mata tersebut bahkan bisa menyebabkan kebutaan

3. Menjaga kesehatan tulang.

Bayan mengandung vitamin K dan Magnesium, dimana vitamin K jika bekerja dengan vitamin D dapat meningkatkan kepadatan tulang dan secara positif mempengaruhi keseimbangan kalsium.

4. Mencegah stres oksidatif

Bayam dapat membantu mencegah stres oksidatif karena kandungan antioksidannya yang dapat melawan stres oksidatif dan membantu mengurangi kerusakan yang ditimbulkannya.

5. Menurunkan risiko gangguan kardiovaskular.

Sayuran hijau ini kaya akan serat dan mineral  dimana serat dan mineral tersebut dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah.

6. Mengurangi risiko asma.

Kandungan Magnesium dan Beta-karoten pada bayam sangat bagus bagi penderita asma dan mengurangi gejalanya.

7. Mengontrol kadar gula darah

Kandungan antioksidan di dalam bayam diduga dapat mengontrol gula darah dalam tubuh. Oleh sebab itu, sayuran hijau ini sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin oleh penderita diabetes.

8. Menurunkan tekanan darah tinggi.

Bayam mengandung nitrat dalam jumlah tinggi, yang telah terbukti membantu tingkat tekanan darah sedang dan menurunkan risiko penyakit jantung.

9. Mengurangi kolesterol jahat

Selain mengontrol gula darah, antioksidan dalam bayam juga berperan dalam mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini berdasarkan beberapa penelitian yang menyatakan bahwa sayuran berdaun hijau yang kaya akan antioksidan, termasuk bayam, berkhasiat untuk mengurangi kadar kolesterol di dalam darah.

10. Menjaga Kesehatan dan Meningkatkan Kemampuan Otak

Bayam memiliki efek anti-inflamasi, yang baik untuk melindungi dan meningkatkan kemampuan otak. Sehingga bisa dikatakan, manfaat bayam untuk anak yaitu untuk peningkat kemampuan kognitif.

Selain itu, efek anti-inflamasi pada bayam juga baik untuk menjaga kesehatan otak.

11. Mencegah kanker

Kandungan lutein, karotenoid, dan zeaxanthin yang tinggi pada bayam, mampu melawan dan menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Dengan demikian, risiko terkena kanker pun akan menurun.

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *