Ini 6 Manfaat Luar Biasa Edamame bagi Kesehatan ‎

Edamame sebenarnya sama dengan kacang kedelai.

Konten492 Views

Channel Indonesia – Edamame sebenarnya sama dengan kacang kedelai. Perbedaannya yaitu kacang edamame adalah kacang kedelai utuh yang dipanen ketika masih muda. Kacang ini biasa dijual sebelum dikeluarkan dari kulitnya, masih berwarna hijau dan memiliki rasa gurih. Kacang ini biasa direbus untuk dimakan langsung atau juga dimasukkan pada campuran masakan.

Selain rasanya yang lezat, kacang edamame juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Edamame mengandung banyak nutrisi diantaranya  protein, lemak sehat, karbohidrat, serat, karbohidrat, folat, vitamin A, B, C, E, dan K, serta mineral, termasuk zat besi, magnesium, mangan, kalsium, zinc, dan kalium.

Karena kandungan nutrisinya tersebut, edamame dipercaya memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

Lantas, apa saja manfaat edamame bagi kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Edamame bagi Kesehatan

1. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Suatu penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kedelai sebanyak sekitar 50 gram per hari dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Oleh karena itu, konsumsi kedelai edamame secara rutin mampu mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Mengurangi risiko kanker

Kandungan isoflavon pada kacang edamame juga berkhasiat untuk mengurangi risiko kanker prostat maupun kanker payudara.

Isoflavon merupakan senyawa yang juga berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia sebagai pencegah sel kanker.

Tak hanya itu, edamame mengandung serat yang berpotensi menurunkan risiko kanker, termasuk juga kanker kolorektal.

3. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat edamame selanjutnya yaitu mengontrol kadar gula darah, khususnya bagi penderita diabetes. Hal ini karena kandungan indeks glikemik yang rendah pada edamame.

Indeks glikemik (GI) adalah ukuran seberapa cepat makanan yang mengandung karbohidrat dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah setelah dikonsumsi.

Makanan dengan GI rendah cenderung menghasilkan kenaikan glukosa darah yang lebih lambat dan lebih stabil dibandingkan dengan makanan dengan GI tinggi.

4. Menurunkan risiko depresi

Manfaat edamame lainnya adalah menurunkan risiko depresi. Sebab, kacang ini mengandung asam folat yang cukup tinggi. Ini bisa menghentikan pembentukan terlalu banyak zat yang bernama homosistein di dalam tubuh.

Kadar homosistein yang tinggi bisa mencegah darah dan nutrisi lain mencapai otak, dan mengganggu produksi hormon serotonin yang memberikan rasa nyaman. Hormon ini yang membantu meningkatkan mood, tidur, dan nafsu makan.

5. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Manfaat edamame lainnya adalah menjaga kesehatan saluran cerna. Suatu riset menunjukkan bahwa kandungan serat dan protein yang tinggi pada edamame akan berfungsi sebagai prebiotik yang dapat membantu pertumbuhan bakteri baik di dalam saluran cerna.

6. Menjaga berat badan tetap ideal

Edamame yang kaya serat, protein, dan antioksidan juga dapat membantu menjaga berat badan. Beberapa riset menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi makanan berserat, termasuk kacang kedelai dan edamame, rata-rata memiliki berat badan yang ideal.

Hal ini diduga berkaitan dengan efek edamame yang dapat mengurangi lemak tubuh, serta lebih lama dicerna sehingga dapat membuat kenyang lebih lama.

 

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *