Begini Cara Mudah Bersihkan Filter Bensin Mobil

Filter bahan bakar atau bensin merupakan komponen yang sangat penting untuk menjaga performa mobil.

Konten306 Views

Channel Indonesia – Filter bahan bakar atau bensin merupakan komponen yang sangat penting untuk menjaga performa mobil. Filter ini dirancang untuk menyaring kotoran dan partikel-partikel lain yang terdapat dalam bahan bakar sebelum mencapai injektor atau karburator.

Tujuannya adalah untuk menjaga kebersihan dan kualitas bahan bakar yang masuk ke dalam mesin, mencegah partikel-partikel yang dapat merusak dan menyumbat sistem pembakaran. Filter bensin biasanya terletak di jalur aliran bahan bakar antara tangki bensin dan mesin. Dengan menyaring bahan bakar, filter bensin membantu menjaga kinerja optimal mesin dan mencegah masalah yang disebabkan oleh kontaminasi bahan bakar.

Secara keseluruhan, menjaga kebersihan bahan bakar sangat krusial karena jika kotor dapat menghambat dan mengganggu fungsi sistem bahan bakar.

Kotoran yang menyumbat filter juga dapat mempersulit dalam menghidupkan mobil, karena aliran bahan bakar terhambat. Untuk itu perlu untuk membersihkan filter bahan bakar secara teratur. Lantas bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini.

Cara bersihkan filter bensin pada mobil
 1. Cari letak filter bahan bakar

Sebelum memulai pembersihan filter bahan bakar, pastikan telah mengidentifikasi dimana letak filter bahan bakar. Letak filter bahan bakar pada setiap mobil berbeda-beda, hal ini tergantung pada jenis mobilnya.

Setelah mengetahui dengan pasti dimana letaknya, langkah selanjutnya adalah mengurutkan untuk mencapai filter mobil.

2. Pastikan tidak ada tumpahan bensin

Untuk merawat filter bensin mobil, cobalah membuka klip yang terletak sekitar empat inci dari tempat keluar dan masuk selang bahan bakar.

Pastikan untuk mengencangkan klip menggunakan obeng kepala datar. Setelah itu, tutuplah selang dengan klip untuk mencegah bensin terkena semprotan dan memastikan keselamatan.

3. Siapkan wadah di bawah filter

Jika ingin membersihkan filter bahan bakar, siapkan wadah untuk diletakkan di bawah filter bensin. Kemudian, buka tutup klem dan pasang filter pada selang.

Saat membuka tutup klem, tarik selang pada filter untuk membiarkan bensin keluar. Jika semua selang sudah dilepaskan, biarkan sisa bensin yang ada di dalam keluar dengan lancar.

4. Mulai bersihkan filter bensin

Mulailah proses pembersihan filter bahan bakar pada mobil dengan memegang filter bahan bakar dan memasukkan selang ke bagian dalamnya.

Setelah itu, semprotkan cairan khusus pada filter bahan bakar. Kemudian pasang nozzle pada bagian semprotan, dan masukkan ke ujung yang satu ke dalam filter, lalu semprotkan cairan.

5. Tekan filter

Lakukan penekanan pada bagian filter secara langsung atau menggunakan obeng untuk menekan bagian pegangan filter. Dan pastikan untuk menjangkau dan menekan setiap bagian bulatan pada permukaan filter bahan bakar mobil dengan baik.

Kemudian, semprotkan lagi menggunakan alat semprot pada filter bahan bakar. Setelah disemprot, pastikan untuk mengeringkan filter bahan bakar selama sekitar satu jam.

6. Pasang kembali

Setelah filter bahan bakar sudah bersih, pasang kembali filter ke posisi awalnya. Dan pastikan pemasangan dilakukan dengan presisi agar filter bahan bakar atau sistem bensin dapat berfungsi secara optimal.

7. Ganti filter jika diperlukan

Apabila filter bensin telah mengalami kerusakan atau dalam kondisi buruk, disarankan untuk menggantinya dengan yang baru. Dimana filter bensin yang dibeli disesuaikan dengan spesifikasi mobil yang dimiliki.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *