Berikut 5 Tips Merawat Mobil Setelah Dipakai Perjalanan Jauh

Mobil merupakan moda transportasi yang kerap dipilih sebagian banyak  orang.

Headline, Konten452 Views

Channel Indonesia – Mobil merupakan moda transportasi yang kerap dipilih sebagian banyak  orang. Apalagi pada saat memasuki libur sekolah ataupun libur panjang. Terkadang setelah dipakai perjalanan jauh, biasanya mobil terasa berbeda ataupun kurang nyaman saat dipakai. Rasanya tidak senyaman sebelum melakukan perjalanan jauh.

Lantas, bagaimana membuat mobil kembali nyaman setelah dipakai untuk perjalanan jauh?

Berikut ini 5 tips menjaga keamanan dan kenyamanan mobil setelah dipakai untuk perjalanan jauh.

1.Menjaga Kebersihan Interior Mobil

Ketika dalam perjalanan jauh, seringkali kita makan dan minum di dalam mobil sehingga dapat mengotori ataupun meninggalkan bau yang kurang sedap di kabin kendaraan. Untuk itu, kita harus membersihkan interior mobil secara menyeluruh, dengan vakum kendaraan agar kebersihan dan kenyamanan di dalam kabin tetap terjaga.

2.Cek Kondisi Oli Mobil

Saat melakukan perjalanan jauh, mobil bisa menempuh ribuan kilo selama pulang-pergi. Ada baiknya kita mengecek kondisi oli setelah digunakan perjalanan jauh, dan bisa menggantinya bila diperlukan. Dengan begitu, performa mobil tetap terjaga untuk berbagai kebutuhan mobilitas berikutnya.

3.Cek Kondisi Rem dan Ban

Selama perjalanan jauh, rem mobil tentu sering digunakan, dari hal tersebut rem dan ban dapat mengalami aus berlebih karena beban kerja yang lebih berat. Untuk itu, sebaiknya kita harus mengecek kampas, rotor, maupun minyak rem dan melakukan penggantian bila diperlukan. Tidak lupa cek juga tekanan ban dengan mengacu pada panduan di sela pintu pengemudi dan pastikan ban masih jauh dari Tread Wear Indicator (TWI) yang tersedia pada beberapa jenis ban.

4.Cek Keselarasan Kaki-kaki

Selama perjalanan, seringkali kita menghadapi kondisi jalan yang kurang bagus dan mengangkut beban berlebih. Hal ini membuat komponen kaki-kaki seperti shockbreaker bekerja ekstra sehingga bisa cepat aus. Untuk itu, kita perlu memastikan shockbreaker tidak mengalami kebocoran. Pastikan juga komponen kaki-kaki lain tidak menimbulkan suara berlebih. Oleh kaarena itu, kita disarankan untuk melakukan spooring and alignment agar roda dan kaki-kaki tetap aman dan nyaman untuk berkendara.

5.Merawat Eksterior Mobil

Mencuci mobil menjadi perawatan yang tidak boleh terlupa  setelah menempuh perjalanan jauh untuk menjaga tampilan eksterior. Bagi pemilik mobil warna matte, pastikan bilas sisa kotoran terlebih dulu dengan air sebelum mencuci. Hindari penggunaan sikat kasar saat cuci manual, memilih mode scratch and gloss saat cuci otomatis, serta melakukan cuci uap dan perawatan lilin. Tidak disarankan juga untuk memakai polish (wax), compound (abrasif), dan paint cleaner (pembersih cat). (Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *