Tips Cerdas Bersihkan TV LED dengan Aman

Untuk menjaga agar layar TV LED anda di rumah tetap awet dan bersih, sebaiknya ketahui cara membersihkan yang aman dan benar.

Konten514 Views

Channel Indonesia – Untuk menjaga agar layar TV LED anda di rumah tetap awet dan bersih, sebaiknya ketahui cara membersihkan yang aman dan benar. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, agar layar TV anda  tidak rusak.

Televisi  merupakan salah satu barang elektronik yang banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Bahkan,  hampir setiap rumah memiliki minimal satu unit Televisi. Televisi juga perlu dirawat agar tetap awet ataupun tahan lama. Tapi untuk merawat perangkat tersebut tidak boleh sembarangan, apalagi saat berurusan dengan layarnya.

Jika Anda ingin membersihkan layar televisi dengan panel LED, anda tidak perlu khawatir. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk membersihkan layar TV LED anda.

Cara Membersihkan Layar TV LED :

  1. Pertama-tama matikan Televisi, pastikan sudah mematikan tv dengan mencabut kabel dari colokan listrik.
  2. Diamkan sampai televisi dingin. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko kerusakan karena membasuh layar dengan cairan dalam kondisi masih panas.
  3. Bersihkan Debu, untuk membersihkan debu dan kotoran, usahakan jangan menyentuh layar televisi dengan tangan. Tiuplah debu yang menempel atau membersihkannya dengan blower.
  4. Gunakan Cairan Screen Clean Untuk membersihkan layar TV, Anda bisa menggunakan lap bersih atau kanebo. Celupkan lap bersih atau kanebo ke air bersih, lalu peras sampai kering. Kemudian Semprotkan cairan screen clean ke bagian permukaan layar TV.  Dan pastikan mengusap dengan satu arah, jangan bolak-balik atau berputar karena nanti akan merusak atau menggores layar TV.  Jika sudah, lap menggunakan lap yang kering untuk memaksimalkan kebersihannya.
  5. Hal terakhir dalam membersihkan layar LED televisi adalah dengan pakai cara memakai bahan kain yang lembut. Sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan kain lap yang berbahan kasar seperti kain handuk. Karena dapat merusak permukaan layar LED TV anda. Sebaiknya Anda menggunakan tissue atau microfiber berbahan halus kering.  (Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *