Cara Menyetir Mobil Manual di Tanjakan, Pemula Wajib Tahu

Mengemudikan mobil manual pada jalur menanjak terkadang menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi pengemudi pemula.

Konten324 Views

Channel Indonesia – Mengemudikan mobil manual pada jalur menanjak terkadang menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi pengemudi pemula. Hal ini dikarenakan saat menyetir di tanjakan, sebagian pengemudi takut jika mobil malah melaju mundur atau tidak dapat menanjak dengan baik.

Meskipun mobil manual dianggap lebih memiliki kekuatan ketika menanjak.  Namun, menyetir mobil manual di jalan tanjakan bukanlah hal yang mudah, karena membutuhkan keahlian serta konsentrasi. Oleh karena itu, bagi pengemudi pemula, perlu mengetahui bagaimana cara mengemudi mobil manual di tanjakan.

Berikut beberapa cara yang dapat diikuti untuk menyetir mobil manual di tanjakan.
1.       Manfaatkan Rem Tangan

Supaya  berhasil menyetir dengan mobil manual di tanjakan, Anda harus trampil dalam menggunakan rem tangan. Posisikanlah kaki kiri di pedal kopling dan injak secara penuh. Sementara itu, kaki kanan tetap bersiap untuk menginjak pedal gas dan tangan kiri mengendalikan tuas rem tangan.

Ketika mobil berhenti, tariklah rem tangan dan injak pedal kopling sampai kendaraan tertahan di tanjakan dan mesin dalam keadaan hidup. Satu hal yang sangat perlu Anda perhatikan, yaitu harus mengatur penggunkan rem tangan dan pedal kopling secara bersamaan agar mobil tidak mundur.

2.       Gunakan Gigi Rendah

Penggunaan gigi rendah juga perlu dilakukan saat berada di jalan menanjak ketika mengemudikan mobil manual.  Sangat disayangkan, sebagian pengemudi mengguakan setengah kopling pada saat di tanjakan. Padahal, cara tersebut dapat membuat kopling cepat panas hingga jebol.

Pengemudi sebaiknya menggunakan gigi rendah seperti gigi 1 dan 2 saat di jalan menanjak. Gigi 1 biasanya dapat digunakan untuk tanjakan yang memiliki kemiringan sangat tinggi, sedangkan gigi 2 digunakan di tanjakan yang relatif lebih landai.

Oleh karena itu, pengemudi juga harus pandai dalam melihat kemiringan atau kecuraman tanjakan yang akan dilalui. Ketepatan pergantian gigi juga harus diperhatikan, karena hal ini dapat mempertahankan kekuatan mobil saat menanjak.

3.       Menggunakan Kopling dan Pedal Rem

Cara lain yang dapat dilakukan ketika menghadapi jalan menanjak yaitu dengan menggunakan kopling dan pedal rem. Ketika mobil harus berhenti di tanjakan, injaklah kopling dengan kaki kiri dan pedal rem dengan kaki kanan.

Saat mobil akan melaju, pindahkan kaki kanan Anda ke pedal gas sembari menekannya sampai RPM naik cepat ke angka 2.000. Bersamaan dengan itu, Anda bisa melepaskan pedal kopling hingga posisi setengah agar mobil tidak mundur.

4.       Gunakan rem kaki saat berhenti untuk waktu yang singkat

Menekan pedal kopling untuk waktu yang lama dapat membuat kopling aus. Maka dari itu kamudapat menggunakan teknik pengereman kaki dan kombinasi permainan pedal gas dan kopling. Ketika jalanan macet merayap, tidak berhenti total, kamu perlu mahir memainkan buka tutup gas agar tidak menghambat mobil di belakang.

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *