Ini 8 Buah yang Baik bagi Pencernaan dan Lancarkan BAB‎

Pencernaan memiliki peranan yang sangat penting bagi kesehatan.

Konten217 Views

Channel Indonesia – Terdapat beberapa buah yang baik untuk proses pencernaan. Pencernaan memiliki peranan yang sangat penting bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan tugas utama organ-organ pencernaan adalah menyerap nutrisi dan membuang limbah sampah sisa pencernaan dari tubuh. Munculnya masalah pencernaan seperti, kembung, kram, bergas, sakit perut, diare dan sembelit bisa disebabkan oleh banyak hal, seringkali akibat pola makan yang tidak sehat.

Masalah pencernaan dapat diatasi dengan menggunakan obat-obatan. Namun, kondisi ini juga dapat ditangani dengan melakukan perubahan gaya hidup, seperti memperbanyak asupan cairan dan mengonsumsi makanan kaya akan serat, seperti buah. Lantas apa saja buah yang baik bagi pencernaan dan dapat memperlancar BAB? Berikut ulasannya.

Buah yang baik bagi kesehatan pencernaan dan memperlancar BAB

1. Apel

Apel merupakan salah satu buah yang dapat membantu untuk melancarkan BAB. Hal ini karena apel mengandung serat larut air bernama pektin. Pektin dapat mempercepat pergerakan kotoran dalam usus, sehingga mudah dikeluarkan dari perut.  Melansir dari Healthline, pektin dalam buah apel telah terbukti mengurangi risiko infeksi usus, serta peradangan pada usus besar

Selain itu, apel juga kaya akan Vitamin A, vitamin C, dan juga mengandung sejumlah mineral dan potasium. Kandungan tersebut dapat membantu mengatasi masalah sembelit dan juga menjaga sistem pencernaan yang sehat berkat kaya serat. Untuk menambah kandungan serat dan antioksidan, Anda dapat mengonsumsi buah apel bersama dengan kulitnya.

2. Jeruk

Tidak hanya tinggi akan kandungan vitamin C, di dalam 1 buah jeruk berukuran sedang juga mengandung 4 gram serat yang dapat membantu melancarkan BAB. Buah ini juga baik dikonsumsi untuk mencegah dan mengatasi konstipasi.

3. Kiwi

Di balik ukurannya yang kecil, kiwi termasuk dalam salah satu buah yang tinggi serat tetapi rendah gula, sehingga bermanfaat bagi kesehatan saluran cerna dan dapat melancarkan BAB.

Selain mengandung serat, buah kiwi juga dikenal mengandung enzim actinidain yang dapat melancarkan pencernaan dan menyehatkan usus.

4. Semangka

Dibandingkan dengan buah untuk melancarkan BAB lainnya, semangka mengandung serat yang lebih rendah. Namun, buah ini mengandung banyak air. Berkat kandungan serat dan air tersebut, semangka baik dikonsumsi untuk melancarkan BAB dan mencegah sembelit serta dehidrasi.

5. Pir

Tidak hanya mengandung banyak serat dan air yang baik untuk melancarkan BAB, buah pir juga mengandung fruktosa dan sorbitol alami dalam kadar yang lebih tinggi daripada buah lainnya.

Kandungan fruktosa dalam buah pir juga baik untuk merangsang pergerakan usus, sedangkan sorbitol berfungsi sebagai pencahar alami. Inilah yang membuat pir dapat dimanfaatkan sebagai buah untuk melancarkan BAB.

6. Pisang

Pisang memiliki kandungan serat yang baik untuk menjaga kesehatan usus dan saluran cerna, sehingga memperlancar BAB. Namun, pada sebagian orang yang memiliki intoleransi pati, mengonsumsi pisang justru dapat menyebabkan konstipasi.

Guna mendapatkan manfaat pisang sebagai buah untuk melancarkan BAB, konsumsilah pisang dalam jumlah yang tidak berlebihan, serta pilih pisang yang sudah matang.

7. Mangga

Mangga merupakan salah satu buah yang dapat membantu untuk melancarkan BAB. Selain karena kandungan seratnya yang tinggi, mangga juga mengandung senyawa polifenol dan efek prebiotik yang dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus.

Hal tersebut dapat mendukung proses pencernaan, sehingga BAB menjadi lancar dan terhindar dari konstipasi.

8. Buah naga

Kandungan serat dalam buah naga, baik buah naga merah maupun putih, menjadikan buah ini sebagai buah untuk melancarkan BAB.

Selain mengandung serat, buah naga juga memiliki efek prebiotik yang baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Dengan mengonsumsi buah naga, frekuensi BAB menjadi lebih lancar dan terhindar dari konstipasi.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *