Bunda Harus Tau, Ini Cara Ampuh Untuk Mengatasi Anak Sulit Makan

mengungkapkan ada beberapa fase di mana anak kerap tak nafsu makan. Salah satunya saat memasuki usia sekitar 12 bulan dan mulai bulan berjalan

Headline, Konten310 Views

Channel Indonesia – Pada usia tertentu, Anak cenderung sulit untuk melakukan aktifitas makan. Hal ini tentu membuat seorang ibu kewalahan mengatasinya. Namun, jangan khawatir ada berbagai macam cara untuk mengatasi hal ini.

Dokter Spesialis Pediatric dari Riley Children’s Health Danielle Wiese, seperti dikutip Riley Children’s Health, mengungkapkan ada beberapa fase di mana anak kerap tak nafsu makan. Salah satunya saat memasuki usia sekitar 12 bulan dan mulai bulan berjalan, anak menjadi kurang bernafsu makan karena lebih tertarik bermain ketimbang duduk diam untuk makan.

Selain itu, di usia 2-3 tahun juga kerap ditemui anak sulit makan. Hal ini lantaran mereka hanya ingin melakukan hal-hal yang disukai, ketimbang menurut perintah untuk makan.

dr Wiese menyarankan beberapa cara untuk memompa kembali nafsu makan anak.

Buat Jadwal Makan yang Konsisten

Membiasakan anak makan dengan jadwal yang tetap setiap harinya dari sarapan, makan siang, dan sore. Jika sudah tertib pada jadwal, anak akan lebih mudah menurut untuk makan.

Agar bisa membentuk waktu makan yang disiplin, jangan memberikan snack di luar jam makan. Di antara jam makan, sebaiknya jangan berikan apapun kecuali air putih agar anak punya nafsu makan yang baik saat masuk waktu makan.

Berikan Berbagai Variasi Menu Makanan

Nafsu makan menurun bisa jadi dipengaruhi rasa bosan anak terhadap menu tertentu. Coba atasi dengan memberikan makanan yang punya variasi rasa dan tekstur berbeda.

Semakin banyak variasi makanan yang dimakan anak, mereka akan lebih bersemangat untuk menghabiskan dan menanti waktu makan selanjutnya.

Jauhkan Mainan dan Barang-barang yang Mendistraksi

Jauhkan mainan, ponsel, dan barang-barang lainnya yang bisa mendistraksi kegiatan makan. Sebab, saat terdistraksi mainan atau benda yang menarik perhatiannya, anak akan lebih tertarik untuk bermain ketimbang melanjutkan makanannya.

Untuk memacu selera makan anak, bisa juga dengan menggunakan peralatan makan yang menarik. Piring dengan motif hewan-hewan lucu, atau sendok yang punya tangkai berbentuk unik bisa membuat anak lebih menikmati waktu makannya.

Ajak Semua Anggota Keluarga Berkumpul di Meja Makan

Anak biasanya suka mengikuti aktivitas yang dilakukan orang tua atau kakak. Jika anggota keluarga berkumpul di meja makan, akan lebih mudah untuk mengajak si kecil makan bersama. Dengan melihat suasana makan yang menyenangkan, anak akan belajar untuk menerapkannya juga dan membuat mereka lebih lahap.

Saat anak ada di fase sulit makan, tak ada salahnya memberikan booster buat mereka. Beri nutrisi tambahan yang bergizi yang sekaligus membangkitkan nafsu makan mereka.

Salah satu nutrisi tambahan untuk booster nafsu makan yang bisa dipilih, yakni Morinaga Morigro, dengan formula GROMAX yang diperkaya dengan minyak ikan yang dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan. Morinaga Morigro dengan kandungan tinggi protein untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Morinaga Morigro juga dapat mendukung pembentukan imun tubuh anak. Hal ini lantaran Morigro mengandung bifidobacterium longum BB536 dan serat FOS, serta tinggi vitamin A, C, E, dan zinc. Selain itu, Morinaga Morigro memiliki rasa enak serta kandungan gula yang lebih rendah sehingga lebih sehat dan disukai oleh anak.

Manfaat Morinaga Morigro akan membuat anak lebih nafsu makan sehingga semakin banyak nutrisi yang diserap tubuh. Alhasil, perkembangan mereka akan berlangsung dengan baik. Selain itu, imun tubuh anak akan lebih tangguh sehingga kondisi tubuh senantiasa bugar untuk melakukan berbagai aktivitas.

Bagi para orang tua, yuk berikan yang terbaik untuk mendukung tumbuh kembang anak di masa keemasan mereka. #AnakLahapGROMAXimal.(Dari berbagai sumber/Annisa)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *