Berikut 6 Alasan Mengapa Harus Rajin Membaca

Buku adalah sumber ilmu, membaca buku merupakan salah satu cara untuk menambah ilmu pengetahuan.

Konten540 Views

Channel Indonesia Buku adalah sumber ilmu, rajin membaca buku merupakan salah satu cara untuk menambah ilmu pengetahuan.

Terdapat berbagai jenis genre buku yang dapat dibaca untuk menambah dan memperluas wawasan. Mulai dari buku pelajaran, modul pembelajaran, kemudian ada buku tentang motivasi, buku tentang bisnis, perhitungan, dan masih banyak lagi jenis genre buku lainnya.

Membaca tidak hanya melalui buku saja akan tetapi membaca juga bisa dilakukan dengan berbagai media, seperti membaca jurnal, artikel, dan berbagai bacaan lainnya dengan menggunakan  gawai yang dapat diakses lewat internet

Membaca ataupun literasi, sangat penting bagi setiap insan. Mulai dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orang yang sudah lanjut usia yang masih mampu melihat pun harus sering membaca untuk mendapatkan dan mengetahui berbagai informasi yang ada di sekitar ataupun informasi dari berbagai mancanegara.

Selain menambah pengetahuan dan mendapatkan informasi, berikut ada enam alasan kenapa seseorang harus rajin membaca.

6 Alasan harus rajin membaca

1. Otak lebih sehat.

Dengan membaca otak dilatih untuk berpikir, menganalisis, fokus sehingga daya ingat menjadi lebih kuat dan terhindar dari risiko penyakit Alzheimer.

2. Menambah wawasan yang luas.

Dengan membaca,  seseorang dapat memiliki banyakpengetahuan untuk mengatasi masalah hidup.

3. Sebagai antistres

Membaca buku bisa menjadi sarana relaksasi mental, sehingga tidak mudah merasa stres.

4. Kemampuan berbahasa meningkat .

Dengan rajin membaca, seseorang bisa menambah kosa kata dalam meningkatkan kemampuan (skill) seperti kemampuan berpublik speaking, ataupun menulis.

5. Inspirasi dan motivasi

Membaca buku bisa membangkitkan inspirasi dan juga motivasi dalam diri untuk menjalani hidup. Ada banyak buku-buku motivasi dan juga inspiratif yang bisa dijadikan pelajaran dalam mengatasi persoalan hidup.

6. Menumbuhkan empati

Dengan membaca buku, seseorang bisa menumbuhkan rasa empati dalam dirinya. Sehingga bisa melatih diri dalam memahami perasaan orang lain.

Enam alasan mengapa harus rajin membaca di atas sangat penting dalam proses perkembangan seseorang, baik itu bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak, menambah wawasan, menumbuhkan rasa empati, inspirasi dan motivasi serta dengan membaca seseorang dapat menambah kosa kata dalam berbicara maupun menulis.

Oleh karena itu, rajinlah membaca karena dengan membaca kita dapat mengetahui informasi ataupun segala hal yang ada di belahan dunia.

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *