Orangtua Wajib Tahu, Hindari Gadget kepada Anak untuk Tingkatkan Minat Baca

Jika tidak diawasi oleh orangtua maka anak yang bermain gadget cenderung akan menjadi ketergantungan.

Headline, Konten478 Views

Channel Indonesia – Fenomena saat ini banyak anak anak yang gemar bermain handphone atau gadget. Jika tidak diawasi oleh orangtua maka anak yang bermain gadget cenderung akan menjadi ketergantungan.

Pada saat ini anak anak berusia dini sudah mulai menyentuh dan bermain gadget untuk mengakses media sosial, Youtube, Tiktok atau platform media sosial lainnya.

Guru Besar Ilmu Informasi dan Perpustakaan FISIP Universitas Airlangga Rahma Sugihartati menjelaskan pengaruh gawai terhadap minat baca anak.

“Banyak penelitian membuktikan bahwa terjadi hubungan yang negatif antara penggunaan gadget dan minat baca,” kata Rahma dalam sebuah pernyataan resmi yang diterima wartawan, Jumat (21/7).

Dia menjelaskan, gawai cenderung dimanfaatkan untuk bermain gim, mendengarkan musik, menonton video, dan aktivitas hiburan lain. Gawai tidak dimanfaatkan untuk mengakses berita atau informasi dan e-book.

Penurunan minat baca terjadi sebab penggunaan gawai tidak diimbangi dengan pemanfaatannya sebagai media membaca. Minat baca semakin ‘merunduk’ saat minat baca juga tak dibangun sejak dini.

“Anak-anak yang sejak dini langsung diperkenalkan pada gadget atau smartphone, maka terjadi kecenderungan anak-anak tidak akan memanfaatkan gadget sebagai media untuk membaca,” imbuhnya.

Hal ini pun akan terbawa saat anak tumbuh dewasa. Mereka kurang berminat menelusuri informasi lewat bacaan. Informasi cenderung diperoleh secara instan lewat internet tanpa mengetahui apakah informasi tersebut bisa dipercaya atau tidak.

Anak pun cenderung ‘copy-paste’ informasi tanpa membaca dan mempelajari sehingga pemahamannya hanya sepotong-sepotong.

Sebaiknya, lanjut Rahma, orang tua terlebih dahulu memupuk minat baca anak terlalu dahulu. Baru kemudian, perkenalkan anak pada gawai.

Selain itu, batasi juga penggunaan gawai sebagai sarana hiburan dan imbangi dengan aktivitas membaca.(Dari berbagai sumber/Annisa)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *