Nikita Willy Memilih Tempe Untuk Makanan Pendamping MPASI Anaknya, Murah Tapi Nilai Gizi Tinggi

Issa menyukai makanan tempe yang sering dikenal masyarakat sebagai makanan yang murah tapi kaya akan manfaat.

Headline, Konten190 Views

Channel Indonesia – Tempe menjadi menu yang murah namun kaya akan nutrisi. Artis Nikita Willy mengungkapkan bahwa tempe menjadi menu favorit sang buah hati, Issa Xander Djokosoetono. Rupanya, sejak awal mencicipi Makanan Pendamping ASI (MPASI), Issa menyukai makanan tempe yang sering dikenal masyarakat sebagai makanan yang murah tapi kaya akan manfaat.

“Kita semua tahu kan tempe itu makanan khas Indonesia, proteinnya tinggi, bagus dan murah juga. Karena saat hamil aku hampir setiap hari makan tempe, nggak tahu aku tuh mau banget makan tempe,” kata Nikita Willy dikutip dari Wartawan, Minggu (23/7).

“Terus pada saat Issa mulai MPASI, aku cobain tempe sekali Issa bisa makan banyak banget tempe itu. Jadi menurut aku tempe adalah makanan favoritnya dia. Dia bisa makan nasi pakai tempe aja kalau bosan makan apapun,” sambungnya.

Tempe menjadi menu favorit banyak masyarakat Indonesia karena selain murah tempe mudah diolah dengan berbagai jenis masakan dan mengandung banyak protein dan nilai gizi tinggi. Tak jarang, menu tempe menjadi menu favorit masyarakat Indonesia bahkan dunia.

Mengutip Healthline, tempe mengandung protein tinggi, serat, karbohidrat, lemak, vitamin B, mineral, dan isoflavon.

Berikut ini sejumlah manfaat tempe yang perlu Anda ketahui melansir berbagai sumber.

1.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Melansir laman Kementerian Kesehatan, tempe mengandung berbagai jenis bakteri baik (probiotik) dan antioksidan isoflavon yang bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2.Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, dan fosfor dalam tempe berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kalsium mampu membangun dan memperkuat tulang,

Sementara itu, magnesium dan fosfor membantu dalam penyerapan kalsium dan menjaga kepadatan tulang yang baik.

3.Menjaga kesehatan jantung

Antioksidan dan antiinflamasi yang terkandung pada tempe mampu melindungi pembuluh darah dari kerusakan inflamasi dan oksidatif sehingga membuat jantung sehat.

Tempe juga Tempe mengandung zat-zat yang mempunyai sifat hipokolesterolemik (menurunkan lemak darah), yaitu: protein, asam lemak tidak jenuh majemuk, serat pangan, niacin, vitamin E, karotenoid, isoflavon dan kalsium.

4.Menjaga kesehatan pencernaan

Adanya serat pangan yang cukup tinggi pada tempe mampu mencegah penyakit saluran pencernaan, seperti diverticulosis (borok pada usus besar), kanker, dan hernia.

Selain itu, enzim lipase, protease, dan amilase yang diproduksi oleh Rhizopus sp (kapang tempe) yang masing-masing berguna untuk pencernaan lemak, protein, dan karbohidrat sangat membantu proses pencernaan makanan di dalam tubuh

5.Mencegah kanker

Kandungan antioksidan isoflavon, seperti daidzein, glisitein, genistein dan trihidroksi isoflavon pada tempe dapat mencegah kanker.

6.Mendukung fungsi otak

Kandungan asam lemak omega-3 di dalam tempe bermanfaat dalam memelihara fungsi otak yang sehat. Asam lemak omega-3 dapat membantu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan memperbaiki mood.(Dari berbagai sumber/Annisa)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *