Tips Parenting Berdasarkan Zodiak Anak, Orang Tua Wajib Tau

Zodiak bisa menjadi tolak ukur pola asuh yang tepat untuk merawat anak berdasarkan karakter mereka.

Headline, Konten431 Views

Channel Indonesia – Merawat anak menjadi tantangan bagi orangtua. Zodiak bisa menjadi tolak ukur pola asuh yang tepat untuk merawat anak berdasarkan karakter mereka.

Zodiak menjadi tolak ukur karakter seseorang termasuk kepada anak, Astrologer Briana Saussy menganggap astrologi dan zodiak memberikan gambaran kebiasaan berpikir yang mengakar sekaligus bagaimana harus atau tidak seharusnya anak diperlakukan.

“Dengan astrologi, kita malah dapat beralih ke anak itu sendiri dan berusaha untuk melihat mereka sebagaimana adanya, dan bukan sebagai budaya, seperti yang diinginkan orang tua mereka, atau konselor sekolah,” kata Saussy seperti dilansir dari Hello Giggles.

Berikut tips-tips parenting sesuai zodiak anak.

1. Aries (20 Maret-19 April)

Anak Aries punya karakter cerdas, antusias, dan menyenangkan. Mereka cenderung mau ambil risiko dan tidak pernah menghindar dari tantangan.

Saussy berkata, jika mereka mengalami hal buruk, maka mereka bisa tidak enak badan, stres atau lelah, sangat menuntut, kasar, tidak sabaran, dan agresif.

Untuk lebih terhubung dengan anak Aries, coba berpartisipasi dalam apa pun yang mereka lakukan. Kata-kata susah mempan tapi lakukan pendekatan fisik seperti memeluk, angkat, ayunkan, acak rambut mereka atau gendong.

2. Taurus (19 April-20 Mei)

Anak Taurus punya kelebihan berupa kesabaran, kekuatan, fokus dan daya tahan. Saussy menyarankan untuk lebih banyak terhubung lewat sentuhan untuk membangun kepercayaan dengan mereka.

Ajak anak membuat karya seni, memasak bersama atau sekadar bermalas-malasan sambil berpelukan.

3. Gemini (20 Mei-20 Juni)

Membiarkan anak Gemini eksplorasi adalah jalan terbaik. Jean Kunhardt, terapis dan direktur Soho Parenting, Manhattan, berkata orang tua perlu membiarkan anak Gemini bergerak, bicara, bernyanyi, menulis untuk meluapkan perasaan dan energinya yang tak terbatas.

Satu masalah yang mungkin dihadapi anak Gemini adalah keragu-raguan. Oleh karenanya, orang tua perlu membantu mereka lebih percaya diri.

“Orang tua benar-benar perlu memastikan bahwa mereka tidak membuat anak-anak mereka merasa bersalah karena melakukan kesalahan,” jelas Kunhardt seperti dilaporkan Insider.

4. Cancer (20 Juni-22 Juli)

Anak Cancer memerlukan kedekatan dengan salah satu atau kedua orang tuanya. Menurut astrologer Linda Furiate, kedekatan ini akan membuat mereka merasa aman.

“Seorang anak Cancer peka terhadap lingkungannya. Penting untuk membiarkan mereka terlibat dalam tradisi keluarga seperti merencanakan liburan dan pertemuan keluarga yang bisa menawarkan rasa aman dan jadi bagian dari keluarga,” kata Furiate.

Satu hal yang perlu jadi catatan, anak Cancer berpotensi insecure. Orang tua perlu membangun kepercayaan diri anak. Kunhardt berpendapat orang tua harus jadi bagian dari penggemar mereka.

5.Leo (22 Juli-22 Agustus)

Di mana ada anak Leo, orang-orang di sekitarnya merasa lebih bahagia, suasana lebih ceria. Saussy berkata mereka memang suka lelucon, tawa, petualangan yang mendebarkan, dan bermain.

Di sisi lain, jika mereka tidak mendapat apa yang diinginkan, mereka bakal cepat cemberut, marah, berperilaku tidak masuk akal dan egois bahkan dengan teman terdekat.

Untuk dekat dengan anak Leo, tindakan lebih baik daripada kata-kata. Ajak dia ke pertunjukan, membuat karya seni atau bermain alat musik.

6.Virgo (22 Agustus-22 September)

Anak-anak Virgo seperti buah yang sudah matang di pohon. Saussy berkata meski mereka terlihat dewasa, mereka tetaplah anak-anak. Jangan sampai orang tua memaksa mereka untuk dewasa lebih awal.

Anak Virgo suka terhubung lewat pekerjaan dan rutinitas harian seperti belanja dan berkebun. Mereka tidak tahan menganggur sehingga orang tua perlu membuat mereka sibuk.

7. Libra (22 September-22 Oktober)

Anak Libra ingin merasa jadi bagian dari keluarga atau tim yang sama-sama didengar. Buat anak Libra, penting untuk tetap netral dan tidak harus membuat keputusan yang berpotensi menyakiti orang lain.

“Libra menemukan jalan tengah antara banyak bicara dan ramah dan pendiam dan bijaksana. Mereka menawan, mudah mempengaruhi orang dan memiliki banyak kawan,” kata Saussy.

Cara terbaik untuk dekat dengan mereka adalah sepenuhnya hadir bersama mereka, bertukar ide dan cerita. Koneksi seperti ini memberikan energi buat mereka.

8. Scorpio (22 Oktober-21 November)

Anak Scorpio perlu privasi dan waktu sendiri. Furiate berkata mereka perlu waktu untuk menilik makna lebih dalam dari hal-hal yang mereka alami. Tidak heran mereka lebih suka di kamar atau menghabiskan waktu di alam.

Orang tua atau orang terdekat perlu mendorong anak-anak ini untuk berbagi perasaan mereka. Jika tidak, mereka akan terus dicap anak tertutup dan suka berbohong.

9. Sagitarius (21 November-21 Desember)

Mereka seperti magnet bagi keberuntungan. Anak Sagitarius mencintai petualangan dan hal-hal spiritual. Mereka perlu orang-orang yang memahami dan mendukung mereka.

Untuk bisa dekat dengan anak Sagitarius, lakukan aktivitas menarik di luar ruangan atau belajar budaya dan tempat baru.

“Idealnya, aktivitas tersebut punya jeda di mana anak bisa berbagi ide dan percakapan yang bijaksana, karena elemen ini membuat anak-anak Sagitarius merasa dilihat dan dihargai,” ujar Saussy.

10. Capricorn (21 Desember-19 Januari)

Ambisius adalah kata yang tepat untuk menggambarkan anak Capricorn. Mereka sebaiknya diberi tugas atau tanggung jawab tertentu. Menurut Furiate, anak-anak Capricorn sering ingin jadi seperti orang dewasa di usia sangat muda.

Yang perlu jadi catatan orang tua, kadang anak-anak dini dianggap merendahkan anak lain. Orang tua perlu memastikan masalahnya lebih dalam.

“Biasanya jika seorang anak bertingkah seperti mereka lebih baik daripada yang lain, mereka mungkin benar-benar merasa kurang dari itu,” katanya.

11. Aquarius (19 Januari-18 Februari)

Anak Aquarius bisa dideskripsikan sebagai anak yang unik di antara zodiak-zodiak lain. Mereka aneh dan menyenangkan berkat keanehan mereka. Namun yang perlu diingat adalah mereka ini pemberontak.

Karakter pemberontak ini memang membuat orang tua sulit menavigasi anak. Mungkin mereka terlihat pemalu dan canggung. Namun sesungguhnya, mereka tidak bisa melakukan perintah.

12. Pisces (18 Februari-20 Maret)

Jiwa-jiwa sensitif seperti anak Pisces perlu sentuhan ekstra lembut. Meski orang merasa sudah mengatakan hal yang tepat dan melakukan tindakan benar, anak-anak ini bisa melihatnya secara berbeda.

Seperti Aquarius, anak Pisces kerap merasa sendirian dan disalahpahami. Saussy berkata mereka memang punya reputasi sebagai anak yang dingin, mereka sangat penyayang, perhatian, dan seorang yang perasa.

Untuk lebih dekat dengan anak Pisces, orang tua bisa menempuh jalur seni, musik atau sesuatu yang spiritual seperti ke gereja, kuil atau masjid.(Dari berbagai sumber/Annisa)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *