Tips Parenting ala Nikita Willy yang Menjadi Sorotan

si kecil yang diberi nama Issa Xander Djokosoetono alias Baby Izz.

Konten275 Views

Channel Indonesia – Semenjak menjadi ibu, gaya asuh Nikita Willy kerap menjadi sorotan. Ia bersama sang suami, Indra Priawan kerap membagikan momen bersama si kecil yang diberi nama Issa Xander Djokosoetono alias Baby Izz.

Sebagai ibu, tentu Nikita Willy ingin yang terbaik bagi anaknya. Maka tak heran, ia dalam akun YouTubenya ia bercerita sering membaca buku, mengikuti workshop, hingga mendengarkan dokter untuk mengasuh baby Izz. Melalui Video YouTubenya tersebut, Niki pun membagikan beberapa tips parenting yang bisa diikut sahabat Fimela.

Apa saja? Yuk simak.

1. Pre bed time routine 

Nikita mengatakan sebenarnya saat tidur siang, baby Izz tidak memiliki waktu yang tepat. Namun dalam video tersebut, baby Izz mulai mengantuk pada jam setengah 12 untuk tidur keduanya. Meski tak punya waktu yang tepat, namun ia memerhatikam gerakan baby Izz yang mulai mengantuk seperti bengong atau kepalanya sudah jatuh-jatuh. Sebelum terlalu lelah dan crangky, ia langsung membawanya ke kamar.

“Sebelum dia cranky dan nangis, kita harus memulai pre-bed time routine,” kata Nikita Willy.

2. Rutintas tidur

Saat di kamar, Baby Izz pun tidak langsung tidur. Maka, kebiasaan Nikita Willy biasanya lampu kamar diredupkan, minum susu, menggunakan selimut, atau membaca buku.

“Biasanya baby Izz pilih buku sendiri, kan buku biasanya tebal jadi aku bacakan dua halaman saja, lalu tutup dan itu waktunya tidur,” katanya.

3. Membiasakan baca buku

Nikita mengatakan rutinitas sebelum tidur membacakan baby Izz buku. Meski belum mengerti di umurnya yang saat ini, namun diharapkan akan menbangun habit membaca.

“Seumuran dia terlihat ngga ngerti tapi diharapkan udah membangun habit pas saat dia udah mengeti,” paparnya.

4. Membagi peran dengan suami

Dalam video tersebut, Nikita pun mengatakan bergantian menjaga baby Izz ketika ia akan pergi. Hal ini menegaskan jika mengurus anak bukan hanya peran ibu saja, melainkan ada peran ayah di dalamnya. Bisa membagi pekerja hingga waktu menjaga si kecil.

5. Pemberian Gadget

Nikita menyampaikan jika dokter baby Izz melarang memberikan gadget sejak dini, yang menyebabkan anak akan fokus pada gadget tersebut. Alhasil anak pun menjadi pasif tidak aktif karena hanya ingin bermain gadget.

“Jadi kalau udah dikenalkan gadget, anak maunya nonton trus jadi males belajar di usianya yang harusnya belajar merangkak, mengunyah, mengeksplore hal baru jadi malas. Jadi sebisa mungkin ngga beri gagdet apalagi saat makan karena biar dia fokus apa yang di depan kamu harus di makan sesuai kemauaanya,” ujarnya.

6. Nonton televisi

Nikita Willy mengatak baby Izz, pernah beberapa kali menonton tv saat sedang bermain kumpul keluarga. Namun, ia pun memilih program acara dengan musik dan warna yang tidak mencolok.

“Pernah nonton bareng, tertarik hanya 1-2 menit selebihnya nggak tertarik,” paparnya.

7. Tak pernah bosan belajar

Nikita mengatakan ia pun masih banyak belajar apalagi sebagai new parent. Jadi, ia pun banyak membaca buku, mengikuti workshop, hingga sharing dengan ahli seperti dokter.

8. Pentingnya rutinitas

Nikita juga menyampaikan jika penting sekali memberikan rutinitas pada bayi dan orangtua. Dan sebagai orangtua sebisa mungkin dan semaksimal mungkin harus menghormati dan menepati rutinitas tersebut setiap hati.

Hal ini membuat anak menjadi lebih disiplin dan membangun memori di otak tentang kegiatan yang dilakukannya setiap hari.

“Jadi, ngerawat bayi terasa lebih gampang. Memberi bayi rutinitas juga membantu aku dan Indra dapat mempunyai kegiatan lain. Baby Izz pun lebih calm dan tau kegiatan dia setiap hari,” kata Nikita Willy

(Alifah Dhuha/ Dari Berbagai Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *