Puasa Sunnah Senin Kamis Dianjurkan Rasulullah SAW, Simak 7 Manfaatnya Bagi Tubuh

Melaksanakan puasa Senin Kamis secara rutin bisa membuat seseorang terhindar dari berbagai macam penyakit

Headline, Konten1231 Views

Channel Indonesia – Pasa senin-kamis merupakan puasa sunnah yang bisa dilakukan oleh ummat islam setiap minggunya. Hal ini berdasarkan apa yang telah diajarkan oleh sayyidina Muhammad SAW dan sangat dianjurkan karena memiliki berbagai macam manfaat bagi yang melaksanakannnya.

selain menambah amalan sebagai bekal di akhirat, mengerjakan puasa Senin Kamis juga mengandung sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Melaksanakan puasa Senin Kamis secara rutin bisa membuat seseorang terhindar dari berbagai macam penyakit.
Anjuran Puasa Senin Kamis

Mengerjakan puasa Senin Kamis telah dianjurkan Rasulullah SAW sebagaimana diterangkan dalam beberapa hadits yang dikutip dari buku Sunah-sunah Kecil Berpahala Besar oleh Muhammad Safrodin. Diriwayatkan dari Aisyah RA, ia berkata:

إِنَّ رَسُولَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- كَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الْاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ

Artinya: “Rasulullah Saw. biasa menaruh pilihan berpuasa pada Senin dan Kamis.” (HR An-Nasa’i)

Terkait alasan Rasulullah SAW berpuasa di hari Senin dan Kamis, Usamah bin Zaid pernah mengatakan:

قُلْتُ يَا رَسُولَ اللهِ إِنَّكَ تَصُومُ حَتَّى لاَ تَكَادَ تُفْطِرُ وَتُفْطِرُ حَتَّى لَا تَكَادَ أَنْ تَصُومَ إِلَّا يَوْمَيْنِ إِنْ دَخَلَا فِي صِيَامِكَ وَإِلَّا صُمْتَهُمَا. قَالَ أَيُّ يَوْمَيْنِ. قُلْتُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ. قَالَ « ذَانِكَ يَوْمَانِ تُعْرَضُ فِيهِمَا الْأَعْمَالُ عَلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِم

Artinya: “Aku berkata (kepada Rasulullah SAW), ‘Wahai Rasulullah, engkau terlihat berpuasa sampai-sampai dikira tidak ada waktu bagimu untuk tidak puasa. Engkau juga terlihat tidak puasa, sampai-sampai dikira engkau tidak pernah puasa kecuali dua hari yang engkau bertemu dengannya.’ Nabi SAW bertanya, ‘Apa dua hari tersebut?’ Usamah menjawab, ‘Senin dan Kamis.’ Lalu, beliau bersabda, ‘Dua hari tersebut adalah waktu dihadapkannya amalan kepada Tuhan semesta alam (kepada Allah). Aku sangat suka ketika amalanku dihadapkan sementara aku dalam keadaan berpuasa.'” (HR An-Nasa’i dan Ahmad)

Berikut ini sejumlah manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan tubuh, dirangkum dari buku The Miracle of Puasa Senin Kamis karya Ubaidurrahim El-Hamdy dan buku Sehat Cara Al Qur’an & Hadis karya Emma Pandi Wirakusumah.

Mengistirahatkan Alat Pencernaan

Berpuasa Senin Kamis dapat memberi kesempatan kepada organ-organ pencernaan, sistem enzim, dan hormon untuk beristirahat. Dengan berpuasa, alat pencernaan pada tubuh manusia dapat memperbaiki kerusakan yang terjadi serta milyaran sel dalam tubuh bisa menghimpun diri untuk bertahan hidup.

Membersihkan Tubuh dari Racun dan Kotoran

Berpuasa juga berfungsi sebagai detoksifikasi untuk membersihkan tubuh dari racun dan kotoran. Puasa dapat membatasi kalori yang masuk dalam tubuh sehingga menghasilkan enzim antioksidan yang mampu membersihkan zat-zat yang bersifat racun dan karsinogen serta mengeluarkannya dari dalam tubuh.

Mencegah Penyakit

Puasa Senin Kamis dapat mencegah penyakit yang timbul karena pola makan yang berlebihan gizi. Seseorang yang mengalami kelebihan gizi atau overnutrisi dapat menyebabkan kegemukan sehingga memungkinkan timbulnya penyakit degeneratif seperti kolesterol, jantung koroner, diabetes mellitus, dan lain sebagainya.

Mengurangi Aktivitas Mikroorganisme Jahat

Berpuasa dapat mengurangi atau menghentikan aktivitas mikroorganisme jahat yang ada di dalam tubuh. Dengan berpuasa, pasokan makanan akan terhenti sehingga mikroorganisme jahat tidak dapat hidup, termasuk kuman penyakit dan bakteri jahat lainnya.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Puasa Senin Kamis turut memberikan manfaat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Berdasarkan hasil penelitian, puasa dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang berdampak pada meningkatnya daya tahan tubuh manusia.

Meningkatkan Daya Serap Makanan

Puasa mampu meningkatkan efisiensi daya serap makanan dari dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena organ pencernaan memiliki waktu yang cukup untuk istirahat sehingga beban mencerna makanan menjadi lebih sedikit.

Membuat Kulit Lebih Sehat

Manfaat puasa Senin Kamis lainnya, yaitu dapat membuat kulit lebih sehat dan berseri. Setiap saat, tubuh manusia akan mengalami metabolisme energi. Kemudian sisanya akan diubah dalam bentuk glikogen yang ditimbun dalam berbagai organ tubuh, seperti hati dan kulit.

Saat berpuasa, cadangan energi yang disimpan di dalam kulit akan dikeluarkan dan terjadi proses regenerasi dan peremajaan sel-sel kulit. Karena itulah, tidak mengherankan jika orang yang sering berpuasa kulitnya menjadi lebih segar dan sehat.

Itulah 7 manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan tubuh manusia. Amalan ini tidak hanya mendatangkan pahala semata, tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh manusia dan menghindarkan dari berbagai penyakit.(Dari berbagai sumber/Annisa)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *