Seseorang dengan Kecerdasan Tinggi Bisa Dilihat Dari 6 Kebiasaan Ini

IQ disebut sebagai ukuran kemampuan penalaran seseorang atau seberapa baik mereka dapat menggunakan logika

Headline, Konten552 Views

Channel Indonesia – Kecerdasan tinggi bisa dilihat berdasarkan hasil test Intelligence Quotient (IQ). Akan tetapi, berdasarkan penelitian bahwa kecerdasan seseorang pada dasarnya sulit diukur.

Dikutip dari Science News Explores, IQ disebut sebagai ukuran kemampuan penalaran seseorang atau seberapa baik mereka dapat menggunakan informasi dan logika dalam kehidupannya. Pengukuran ini dilakukan menggunakan tes IQ yang juga mengukur memori jangka pendek dan jangka panjang.

Di sekolah, tes IQ dapat membantu guru mencari tahu siswa mana yang harus dibantu secara ekstra dalam pembelajarannya. Meski begitu, menurut sebuah penelitian di The Healthy secara sains ada hubungan kebiasaan dengan tingkat IQ seseorang.

Para peneliti juga menjelaskan ada beberapa kebiasaan unik yang sering dilakukan oleh orang-orang dengan IQ tinggi. Apa saja? Begini penjelasan selengkapnya dikutip dari Indonesia.

1.Suka Bicara Sendiri

Bila kamu suka berbicara sendiri baik dalam hati, secara langsung atau dalam bentuk tulisan, mungkin dirimu memiliki IQ yang tinggi. Kebiasaan tersebut ternyata mampu meningkatkan daya ingat dan memperkuat ketajaman pola pikir.

Jadi, bukan hal yang tidak waras atau aneh. Nampaknya, kebiasaan ini biasa dilakukan oleh orang-orang jenius!

2.Senang Menyendiri

Senang menghabiskan waktu sendiri dan cenderung tidak nyaman dalam keramaian disebut sebagai kebiasaan seseorang dengan tingkat kecerdasan di atas rata-rata kedua. Hal ini disebutkan oleh Norman Li dari Singapore Management University dan Satoshi Kanazawa dari The London School of Economics and Political Science.

3.Hobi Begadang

Bila Rhoma Irama mengucapkan begadang tiada artinya, seseorang yang hobi begadang malah dinilai memiliki IQ tinggi. Bukan begadang yang tidak melakukan apa-apa, mereka tidak memiliki jam tidur yang banyak karena menghabiskan waktu dengan hal-hal yang produktif.

Mereka juga diketahui dengan suasana malam sehingga waktu itu digunakan untuk berpikir dan merancang sesuatu.

4.Cenderung Berantakan

Menurut peneliti dari University of Minnesota, mereka yang ada di lingkungan berantakan malah menghasilkan banyak ide kreatif dibanding di tempat yang rapi.

5.Senang Hal Menantang

Orang cerdas dinilai tidak merasa puas dan kritis akan pencapaiannya. Mereka yang memiliki IQ tinggi juga diketahui senang menantang dirinya untuk mencoba hal baru bahkan lebih ekstrem.

6.Sering Mengkritik Diri Sendiri

Banyak pemikiran orang menyebutkan bila orang cerdas lebih percaya dengan kemampuan diri sendiri. Sehingga tidak perlu merasa untuk mempelajari apapun.

Namun, nyatanya hal itu berbanding terbalik dengan studi yang menjelaskan bila orang yang kompeten malaha cenderung meremehkan kemampuan mereka.

Hal ini terjadi karena mereka sadar pengetahuan itu luas dan banyak sekali di luar sana. Jadi, orang cerdas dengan IQ tinggi cenderung suka mengkritik dirinya sendiri, bukan malah percaya diri.(Dari berbagai sumber/Annisa)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *