Catat! Kebiasaan Baik Mahasiswa Sejak Masuk Kuliah

Menjadi mahasiswa sudah pasti beda dengan siswa saat sekolah

Konten272 Views

Channel Indonesia – Memasuki jenjang yang lebih tinggi, sudah seharusnya kamu untuk lebih serius menata masa depan. Menjadi mahasiswa sudah pasti beda dengan siswa saat sekolah. Semua kebiasaan buruk semasa sekolah harus ditinggalkan dan diganti dengan kebiasaan baik.

Cobalah untuk menormalisasikan hal-hal baik ketimbang hal buruk saat kuliah. Kelak itu semua akan sangat berpengaruh pada masa depanmu. Berikut kebiasaan-kebiasaan baik mahasiswa yang sejak masuk kuliah.

1. Selalu Bangun Pagi

Bangun pagi menandai bahwa kamu adalah calon orang sukses. Karena dengan bangun pagi, artinya kamu siap menjalani hari-harimu dengan baik. Begitupun semangatmu untuk kuliah. Seperti datang tepat waktu saat kelas pagi, mengerjakan tugas di pagi hari, olahraga, dan hal baik lainnya. Kebiasaan ini harus dibangun sejak awal masuk kuliah, karena akan berguna di dunia pekerjaan.

2. Mengerjakan Tugas Lebih Awal

Siapa yang sering menunda-nunda untuk mengerjakan tugas atau dengan SKS atau sistem kebut semalam? Kebiasaan buruk ini harus dihilangkan dengan mengutamakan mengerjakan tugas sebelum tenggat waktu. Gunanya agar tugas tidak menumpuk dan bisa memiliki waktu luang yang banyak. Dengan begitu, kamu bersusuh dahulu, bersenang-senang kemudian. Jadi, jangan menunda-nunda lagi, ya!

3. Aktif di Kegiatan Dalam atau Luar Kampus

Selain belajar di kampus, kamu juga bisa mengikuti kegiatan yang bermanfaat di kampus atau di luar kampus, seperti kepanitiaan, seminar, bahkan organisasi. Banyak sekali manfaat yang kamu dapatkan, seperti menambah wawasan dan relasi yang tidak kamu dapat saat perkuliahan. Namun, kamu tetap memprioritaskan kuliahmu dengan mengatur waktu sebaik mungkin.

4. Disiplin Menabung

Menabung sudah menjadi kebiasaan baik yang sudah diajarkan sejak kecil oleh orang tua. Namun, menabung masih sering diabaikan oleh beberapa mahasiswa. Padahal, memprioritaskan tabungan termasuk kunci sukses untuk masa depan. Kamu bisa mulai dari hal-hal kecil, seperti menyisihkan uang jajanmu setiap harinya. Kelak tabungan itu juga dapat menjadi dana darurat saat kamu membutuhkannya.

5. Luangkan Waktu untuk Bersenang-Senang

Jika semua hal di atas sudah kamu lakukan, berilah napas dan ruang untuk healing atau bersenang-senang. Kamu bisa melakukannya di akhir pekan untuk melepas penat semua hari-hari sibuk. Kamu bisa mulai dari aktivitas-aktivitas yang menyenangkan, seperti hangout bersama teman, menonton film, atau menikmati waktu sendiri. Semua aktivitas tersebut memberikan energi positif untukmu, maka lakukanlah. Hal ini juga penting untuk menjaga stamina dan mentalmu agar tetap terjaga.

Nah, itulah lima kebiasaan baik yang harus dilakukan mahasiswa sejak awal masuk kuliah. Awalnya memang sulit untuk menjalankan itu semua. Namun, jika terbiasa melakukannya, semua hal itu berubah menjadi mudah dan bahkan menyenangkan bagimu. Semoga bermanfaat dan tetap semangat, ya!

(Alifah Dhuha/ Dari Berbagai Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *