Jurusan Kuliah Paling Berpeluang Lolos CPNS, Apa Saja?

bagi lulusan Sarjana maupun fresh graduate

Konten296 Views

Channel Indonesia – Bagi lulusan Sarjana maupun fresh graduate, ada beberapa jurusan yang diprediksi memiliki peluang lolos lebih tinggi pada rekrutmen CPNS 2023 dan PPPK kali ini.

Lantas jurusan apa saja yang tergolong menjadi jurusan prioritas pada rekrutmen CPNS 2023 dan PPPK? Berikut informasinya.

  1. Perpustakaan / ilmu perpustakaan

Jurusan Perpustakaan mempelajari bagaimana pengelolaan perpustakaan yang benar. Salah satu pengelolaannya adalah sistem pengarsipan, penyimpanan buku dan dokumen dan pengelolaan informasi. Kebanyakan, orang memandang sebelah mata dengan jurusan ini, padahal jurusan ini sangat dibutuhkan untuk pengarsipan dokumen dan ahli dokumen, seperti CPNS kemenlu ini. Jurusan ini tersedia di 12 Universitas populer seperti USU, UI Unpad dan UM.

  1. Administrasi publik

Administrasi Publik adalah ilmu sosial yang mengkaji sistem ketatanegaraan suatu negara dan segala sesuatu yang berhubungan dengan publik. Jurusan ini memiliki turunan dari Ilmu Administrasi. Jurusan ini tersedia di UGM, Universitas Brawijaya, Undip, UNM dan UPN veteran Jawa Timur.

  1. Ilmu pemerintahan

Ilmu pemerintahan adalah ilmu yang mempelajari dinamika dalam pemerintahaan, permasalahan organisasi, kepemimpinan, manajemen dalam penyelenggaraan Lembaga pemerintahaan. Jurusan ini tersedia di UGM, Undip, Hasanuddin dan Universitas Lampung

  1. Sistem informasi

Jurusan ini adalah gabungan dari Ilmu komputer dengan manajemen bisnis. Yang berarti akan mempelajari identifikasi kebutuhan dan proses bisnis yang dimiliki Perusahaan lalu membuat sistem tersebut. Jurusan ini tersedia di ITS, Kalbis Institute, Universitas Kristen Maranatha, Esa unggul dan USNI.

  1. Akuntansi

Yang terakhir adalah akuntansi, walaupun kamu masih SMK lulusan akutansi, kamu masih bisa mendaftarkan diri menjadi CPNS di Kemenlu dengan posisi yang beragam di Kemenlu. Mulai dari Arsiparis ahli pertama hingga arsiparis terampil. Jurusan ini tersedia di berbagai universitas, seperti Universitas Mpu tantular, BSI, Sampoerna University, UBM dan lain-lainnya.

(Alifah Dhuha/ Dari Berbagai Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *