Berikut 7 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Laptop

Apakah anda termasuk orang yang bekerja ataupun belajar menggunakan laptop?

Headline, Konten209 Views

Channel Indonesia – Apakah anda termasuk orang yang bekerja ataupun belajar menggunakan laptop?  Saat ini laptop merupakan salah satu barang yang sangat penting, karena mempunyai sifat praktis, dan dapat dibawa kemana saja. Laptop  juga bermanfaat sehingga  banyak orang yang menggunakannya. Semakin majunya teknologi saat ini, fitur yang disajikan laptop pun semakin beragam dan menarik. Karena itu laptop banyak digunakan dari berbagai kalangan usia untuk kebutuhannya. Akan tetapi, apakah Anda tahu jika ada beberapa kebiasaan yang dapat merusak laptop?

Berikut 7 kebiasaan buruk yang yang dapat merusak laptop.

  1. Menggunakan laptop di atas permukaan yang tidak rata

Sebagian besar pengguna seringkali melakukan kebiasaan ini secara tidak sadar. Padahal laptop juga membutuhkan sirkulasi udara yang baik guna mencegah mesin menjadi panas. Ketika mesin cepat panas, maka kinerja mesin di dalamnya akan menurun.

  1. Laptop tertindih barang berat

Selanjutnya, kebiasaan ini kerap kali terjadi jika Anda lalai dalam menaruh laptop. Apalagi terkadang laptop tertumpuk dengan barang-barang yang berat. Maka hal tersebut dapat merusak bagian tertentu dari laptop

  1. Tidak menjaga kebersihan laptop

Kebersihan tidak hanya penting untuk makhluk hidup saja, melainkan barang elektronik seperti laptop juga perlu diperhatikan. Biasanya debu akan masuk ke celah-celah kecillaptop yang dapat mengganggu kinerjanya. Kebiasaan ini membahayakan apabila sampai menutup saluran sirkulasi udara.

  1. Kecerahan layarlaptop terlalu cerah

Pengguna wajib mengetahui bahwa kecerahan pada layarlaptop perlu diperhatikan. Apalagi ketika mencapai kecerahan paling tinggi akan mempengaruhi kesehatan baterai. Sehingga kondisi baterai akan menjadi lebih cepat boros.

  1. Memasang charger ke laptop lebih dahulu

Pengguna biasanya memasang charger terlebih dulu ke laptop lalu memasangnya ke stop kontak. Kebiasaan ini ternyata salah, karena jika memasang kabel ke laptop dahulu dapat membuat motherboard mengalami kerusakan.

  1. Memasang charger pada baterai laptopyang penuh

Kebiasaan ini sangat berbahaya bagi kondisi laptopkarena kemampuan baterai dalam menyuplai daya akan semakin berkurang. Maka tidak heran, baterai nya mudah habis hingga mengalami mati total.

  1. Membuka terlalu banyak aplikasi

Terakhir adalah kebiasaan membuka banyak aplikasi. Ternyata ini bisa berdampak langsung pada kinerja laptop Hal ini dikarenakanlaptop membutuhkan CPU dan RAM untuk berjalan.Apabila Anda melakukannya, maka sistem laptop bekerja semakin lambat.

(Dari berbagai Sumber/ Mifta Khurokhmah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *