Cara Merawat Rambut Agar Rontok Berkurang

Kerontokan rambut menjadi masalah yang umum dialami sebagian besar orang, terutama pada perempuan.

Konten299 Views

Channel Indonesia – Kerontokan rambut menjadi masalah yang umum dialami sebagian besar orang, terutama pada perempuan. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara merawat rambut agar sehat dan kuat serta tidak lagi mengalami rambut rontok.

Apalagi jika Anda sering menggunakan alat styling rambut, mewarnai rambut, dan terkena paparan sinar matahari untuk waktu yang lama. Kutikula rambut akan mengalami kerusakan yang membuat rambut kering, kasar, dan mengembang. Jika sudah seperti ini, sebaiknya Anda harus segera menemukan cara merawat rambut rusak agar kembali sehat dan kuat.

Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat dan Rontok Berkurang

  1. Keramas dengan Air Dingin

Keramas merupakan tahap perawatan rambut dasar untuk membersihkan kulit kepala dan rambut dari kotoran dan minyak.

Saat keramas, hindari penggunaan air hangat karena bisa menyebabkan rambut kering karena minyak alami rambut yang ikut terbilas. Selain itu, pilih shampoo yang sesuai dengan kebutuhan rambut Anda.

Jika Anda memiliki masalah ketombe, pilihlah produk shampo yang anti dandruff. Jika mengalami rambut rontok, pilih shampoo yang mengandung asam amino, biotin, dan ceramide.

  1. Sisir Rambut dengan Benar

Hindari menyisir rambut saat masih basah, karena pada saat itu rambut sedang dalam keadaan rapuh. Sisir rambut Anda ketika rambut sudah setengah kering. Untuk mengurai kusut, gunakan sisir bergigi jarang. Pilih sisir sesuai jenis rambut.

Jika rambut Anda tipis atau kempis, coba paddle brush atau vented brush untuk membuat volume alami dengan hairdryer. Kalau punya rambut ikal, Anda bisa pakai sisir bergigi jarang atau detangler brush.

  1. Gunakan Minyak Rambut

Treatment Oil dapat menumbuhkan rambut, membantu mengurangi kerontokan, menguatkan akar dan batang rambut, memperbaiki rambut bercabang, dan mengatasi iritasi di kulit kepala.

Agar hasilnya semakin baik, Anda bisa mencoba teknik hot oil ala salon, yaitu membungkus rambut dengan handuk hangat setelah memakai minyak rambut.

  1. Hindari Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Tanpa disadari, mengikat rambut terlalu kencang dapat  menyebabkan rambut patah dan rontok. Bekas lekukan yang terlalu dalam bisa melukai batang rambut. Tarikan yang terlalu erat juga dapat menimbulkan peregangan pada saraf dan memengaruhi folikel.

Akibatnya, kepala akan menjadi pusing jika Anda mengikat rambut terlalu kencang. Selain itu, hindari penggunaan karet gelang atau karet yang kurang elastis. Sebaliknya, pilihlah scrunchie dan jedai sebagai alternatif.

  1. Rutin Potong Ujung Rambut

Cara merawat rambut yang satu ini ternyata cukup penting, terutama ketika Anda memiliki rambut panjang. Ujung rambut adalah bagian yang paling rentan menjadi bercabang dan mengalami kerusakan.

Jika Anda membiarkan ujung rambut yang rusak tetap tumbuh, kerusakan rambut pun tidak dapat dihindari. Anda juga disarankan untuk memotong ujung rambut setiap 10 – 12 minggu sekali.

Itulah beberapa cara merawat rambut agar sehat dan tidak rontok.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *