Simak 4 Tips Agar Ponsel Tidak Overheat Saat Cuaca Panas

Akhir-akhir ini cuaca panas akibat kemarau panjang melanda berbagai wilayah di Indonesia.

Konten585 Views

Channel Indonesia – Akhir-akhir ini cuaca panas akibat kemarau panjang melanda berbagai wilayah di Indonesia. Cuaca panas ini tidak hanya berdampak pada kebutuhan harian masyarakat, cuaca panas juga dapat berdampak pada berbagai perangkat elektronik, termasuk ponsel pintar atau HP. Pada cuaca yang sangat panas, jika tidak diperhatikan, ponsel dapat mengalami overheat.

Overheat atau kelebihan panas pada HP dapat menyebabkan kerusakan pada baterai, memperlambat kinerja, bahkan dapat merusak komponen lain di dalamnya. Oleh karena itu, penting bagi pengguna HP untuk mengambil tindakan pencegahan saat cuaca panas untuk menghindari overheating pada penggunanya.

Lantas, bagaimana cara agar ponsel tidak overheat, apalagi di tengah cuaca panas yang begitu ekstrem?

Simak empat tips berikut agar ponsel tidak overheat saat cuaca panas melanda.
  1. Lepas Case HP dari Ponsel

Casing ponsel biasanya tidak dapat menjaga aliran udara terbaik pada ponsel, dan dapat menyebabkan masalah panas berlebih. Jika dirasa ponsel terlalu panas, cobalah melepas casing untuk sementara waktu untuk membantu mengembalikannya ke suhu normal.

  1. Nyalakan Airplane Mode

Agar ponsel lebih cepat dingin, hal yang perlu dilakukan tidak hanya dengan mematikan Bluetooth. Akan tetapi atur juga ponsel ke mode pesawat untuk menghentikam dalam pemindaian Wi-Fi atau data seluler. Mengistirahatkan ponsel dengan menghidupkan Airplane mode dapat membantu mendinginkan ponsel.

  1. Lepaskan Kabel Pengisian Daya Setelah Selesai

Tidak melepaskan kabel pengisian daya setelah pengisian daya pada ponsel dapat membuat ponsel menjadi cepat panas. Pastikan juga Anda menggunakan pengisi daya asli atau model yang didukung oleh produsen, karena banyak pengisi daya yang tidak berlabel tidak dioptimalkan untuk beberapa ponsel (atau mungkin tidak dirakit dengan standar kualitas yang sesuai).

  1. Memtikan Ponsel Sejenak

Mematikan ponsel Anda dalam jangka waktu sebentar akan membantu membuat suhu ponsel menjadi normal kembali. Banyak model ponsel pintar sekarang menyertakan fitur mati otomatis yang diaktifkan ketika ponsel melewati ambang batas suhu tertentu.

Mematikan ponsel sendiri dapat membantu memastikan semua aplikasi pada ponsel mati dengan benar. Hal ini  dilakukan untuk membantu melindungi ponsel Anda dalam jangka panjang.

Dan tidak lupa, untuk menjaga ponsel berada di dalam ruangan yang memiliki suhu dan ventilasi yang memadai. Jika Anda harus membawa ponsel ke dalam gedung yang hangat, atau keluar pada hari yang cerah, sebisa mungkin simpan ponsel di tempat teduh, dan pastikan ada banyak ruang bagi udara untuk bergerak di sekelilingnya

Itu dia empat tips yang dapat dilakukan guna menjaga ponsel agar tidak terjadi overheat di tengah cuaca yang begitu panas. Semoga bermanfaat.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *