Cara Mengatasi Layar HP Tidak ‎Bisa Disentuh

Di era digital ini, hampir semua orang telah menggunakan jenis ponsel yang menggunakan touchscreen.

Konten308 Views

Channel Indonesia – Di era digital ini, hampir semua orang telah menggunakan jenis ponsel yang menggunakan touchscreen. Walaupun terbilang lebih praktis, namun sejumlah masalah dapat terjadi. Salah satunya adalah layar HP yang tidak bisa disentuh ataupun eror.

Alasan utama mengapa layar tidak bisa disentuh adalah karena terjatuh, ataupun masalah teknis. Layar HP Android yang terkena benturan akan rusak dan tidak dapat merespons dengan baik. Sementara, kendala teknis dapat mengakibatkan layar ponsel hang atau freeze.

Untuk itu, simak penjelasan berikut mengenai cara mengatasi layar HP yang tidak bisa disentuh.

Berikut beberapa cara mengatasi layar HP Android tidak bisa disentuh
  1. Cek penggunaan RAM

Mengecek penggunaan RAM di HP juga dapat membantu mengatasi layar yang tidak bisa disentuh. Karena, bisa jadi masalah pada layar HP yang tidak respon terjadi akibat penyimpanan HP yang sudah penuh. Untuk itu, guna melegakan memori HP,Anda dapat menghapus serta menutup sejumlah file atau aplikasi yang sekiranya tidak digunakan lagi

Menutup semua aplikasi yang telah digunakan dapat mengosongkan penggunaan RAM di HP. Langkah ini bisa membantu melegakan memori dan mengatasi layar HP kalian tidak responsif.

  1. Restart ponsel

Langkah yang harus dicoba selanjutnya yaitu dengan melakukan restart atau memulai ulang ponsel. Tekan dan tahan tombol daya sampai menu restart muncul, kemudian pilih opsi restart.

Untuk informasi bahwa restart dapat membantu memperbaiki masalah layar yang tidak responsif yang disebabkan oleh bug atau kesalahan sistem.

  1. Uji layar sentuh

Ketuk beberapa kali setiap sudut layar. Cara ini bertujuan untuk memulihkan koneksi longgar yang menyebabkan layar ponsel tidak bisa disentuh.

Setelah itu, periksa bug layar menggunakan kode bintang. Beberapa ponsel memiliki kode bintang berbeda, berikut beberapa contohnya:

  • Samsung, tekan *#7353#
  • Sony, tekan *#*#SERVICE#*#*atau *#*#7378423#*#*
  • HTC, tekan *#*#3424#*#*
  • Motorola, tekan *#0*#
  1. Uji bagian ponsel yang terkena dampak

Pengguna dapat memeriksa layar hanya pada bagian yang terkena dampak saja. Gunakan aplikasi pihak ketiga seperti Display Tester untuk menguji kerusakan ponsel. Dengan aplikasi ini Anda dapat memperoleh informasi terkait bagian yang tidak berfungsi.

  1. Matikan opsi pengembang

Opsi pengembang merupakan fitur yang memungkinkan pengguna mengakses pengaturan tambahan pada HP Android. Terkadang, pengaturan yang salah dalam opsi pengembang dapat menyebabkan masalah pada layar sentuh.

Untuk mengatasi hal ini, matikan opsi pengembang pada perangkat. Caranya dengan masuk ke Pengaturan, kemudian cari opsi Pengembang, dan setelah itu matikan opsi pengembang secara keseluruhan.

  1. Keluarkan kartu memori & kartu SIM

Beberapa kasus layar tidak responsif pada HP Androidbisa  terkait dengan masalah kartu memori atau kartu SIM. Komponen eksternal ini dapat menyebabkan Hp Android hang dan layar sentuh tidak berfungsi.

Maka dari itu, matikan ponsel dan keluarkan kartu memori serta kartu SIM. Setelah itu, nyalakan kembali ponsel dan periksa apakah masalah layar tidak responsif telah teratasi.

  1. Reset perangkat ke pengaturan pabrik

Jika masalah layar tidak responsif tidak dapat diatasi dengan langkah sebelumnya, cobalah mengatur ulang perangkat ke pengaturan pabrik. Pengaturan ini dapat memulihkan perangkat seperti sedia kala.

Perlu diingat bahwa reset pabrik akan menghapus semua data dan pengaturan pribadi pada ponsel. Sebaiknya cadangkan terlebih dahulu file/data anda yang terdapat di HP.

  1. Bawa HP ke pusat layanan atau servis

Setelah melakukan berbagai cara tetapi tidak membuahkan hasil, segeralah membawa ponsel ke pusat layanan atau tempat servis. Mereka akan memperbaiki ponsel yang rusak dengan mengganti layar seluruhnya.

Demikian cara mengatasi layar HP yang tidak dapat disentuh. Semoga bermanfaat.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *