Mengapa HP Mati Mendadak dan Cara Mengatasinya

Terdapat banyak alasan yang  dapat membuat HP tiba-tiba mati sendiri.

Konten437 Views

Channel Indonesia – Terdapat banyak alasan yang  dapat membuat HP tiba-tiba mati sendiri. Tentunya jika ponsel mengalami keadaan dimana tiba-tiba mati sendiri, hal ini akan sangat menjengkelkan.

Hampir semua aktivitas sehari-hari membutuhkan pengguaan HP. Sehingga tidak heran jika HP menjadi barang yang wajib selalu dibawa ke mana-mana oleh penggunanya. Di era digital sekarang  ini musibah HP tidak berfungsi apalagi mati tentu saja dapat menghambat pekerjaan dan berbagai aktivitas lainnya.

Penyebab HP yang mati sendiri sebenarnya sangat bermacam-macam. Secara umum, penyebab HP yang mati sendiri karena disebabkan dua faktor, yaitu software atau masalah pada perangkat lunak dan hardware yang berarti masalahnya ada di perangkat keras.

Berikut beberapa alasan mengapa HP tiba-tiba mati sendiri.

  1. HP Rusak

Salah satu penyebab HP mati sendirinya karena kondisinya rusak. Ciri-cirinya seperti layar bergaris, aplikasi sering crash, baterai cepat habis, atau performanya melambat.

Kondisi HP yang mulai rusak namun dibiarkan begitu saja maka bisa menyebabkan sering mati sendiri karena sistemnya mengalami masalah.

  1. Self reset

Penyebab yang bisa membuat HP tiba-tiba mati sendiri selanjutnya adalah karena HP sedang melakukan self reset. Self reset adalah kondisi di mana HP memuat ulang memorinya secara otomatis sehingga menyebabkan HP tersebut mati sendiri. Ini merupakan kondisi yang normal dan tidak akan membahayakan HP.

Tetapi, biasanya self reset terjadi ketika pengguna HP jarang melakukan restart manual setelah pemakaian berhari-hari. Oleh karena itu, ada baiknya sesekali kamu melakukan restart HP setelah menggunakan selama beberapa hari. Tujuannya adalah untuk mengatur ulang sistem dan menghapus cache aplikasi. Pada beberapa kondisi, melakukan restart HP juga bisa membuat kinerja HP berjalan lancar.

  1. Baterai rusak

Baterai  dikenal sebagai bagian terpenting pada HP. Bila kemampuan baterai sudah tidak maksimal, maka dapat membuat perangkat bisa mati sendiri.

Waspada ciri-ciri baterai HP yang rusak bila daya lebih cepat habis. Khususnya bila baterai habis kurang dari satu hari meski sudah diisi penuh hingga 90 persen. Selain itu apabila persentase baterai tidak bertambah maka ada kemungkinan bahwa baterai HP-mu telah rusak. Jika kerusakan baterai adalah masalahnya maka solusinya bisa dengan membawa HP ke tukang servis atau menggantinya dengan HP yang baru. Perlu diingat, jangan pernah mencoba membongkar baterai internal sendiri karena dapat menyebabkan kerusakan pada seluruh perangkat.

  1. CPU HP overheat

Penyebab selanjutnya adalah CPU yang mengalami overheat. CPU ini bisa dikatakan sebagai ‘otak’ dari HP supaya dapat beroperasi menjalankan berbagai aplikasi.

Apabila CPU HP dipaksa bekerja terlalu keras, bahkan dalam waktu cukup lama, dampaknya membuat performa HP bisa mati sendiri.

Biasanya, hal ini disebabkan oleh pemakaian HP yang berlebihan atau adanya aplikasi di latar belakang yang terus berjalan. Sehingga menyebabkan kerusakan pada komponen HP dan membuat HP menjadi mati secara tiba-tiba.

Salah satu cara mengatasinya yakni kamu bisa membatasi penggunaan HP untuk tidak berlebihan dan mencopot beberapa aplikasi yang kurang penting. Kamu juga bisa menonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang.

  1. Cache yang menumpuk

Cache adalah file sampah di HP yang biasanya dibiarkan begitu saja sampai menumpuk. Semakin sering menggunakan HP, maka cache ini akan jadi lebih banyak.

Bila Cache yang jarang dibersihkan sangat berpengaruh terhadap fungsi HP. Seperti sering mati mendadak, hingga aplikasi sering crash saat sedang digunakan.

  1. Sistem operasi HP yang error

Sistem operasi yang sedang error termasuk salah satu penyebab HP mati sendiri. Kondisi tersebut umumnya karena sistem di HP yang sudah lama.

Kerusakan atau error pada sistem operasi di HP, seringkali disebabkan oleh kemunculan bug dan virus.

  1. Terdapat bug pada firmware

Bila terdapat Bug pada firmware juga berisiko mengurangi performa HP. Selain jadi sering mati sendiri, sistem HP akan bekerja lebih lambat.

Ini merupakan masalah yang terjadi pada perangkat lunak yang tidak pernah diperbarui. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memperbarui perangkat secara rutin jika memang notifikasi pembaruan telah tersedia.

Namun, apabila kamu tidak mendapat notifikasi pembaruan perangkat secara otomatis maka kamu bisa melakukan pemeriksaan secara manual melalui menu “Pengaturan”. Kemudian, pilih menu “Tentang Telepon”. Jika kamu diminta untuk memperbarui perangkat maka lakukanlah.

  1. Tidak Cukup Memori

Permasalahan terhadap memori penyimpanan yang penuh di HP juga bisa menjadi salah satu pemicu HP yang mati secara tiba-tiba. Jika ini penyebabnya maka kamu bisa mengurangi beberapa aplikasi yang memakan banyak memori.

 

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *