Bahaya Tidur di Dekat HP Bagi ‎Kesehatan

Handphone (HP) atau telepon seluler (ponsel) merupakan sebuah perangkat  telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar sama dengan telepon konvensional saluran tetap

Konten431 Views

Channel Indonesia  – Handphone (HP) atau telepon seluler (ponsel) merupakan sebuah perangkat  telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun mudah dapat dibawa kemana-mana.  Selain itu, juga dapat digunakan untuk mempermudah komunikasi. HP juga dapat digunakan untuk membantu pekerjaan, belanja, dan sebagai hiburan yang tidak bisa lepas dari semua aktivitas manusia.

HP sudah menjadi ketergantungan bagi setiap orang, terlebih banyak aspek dalam kehidupan sehari-hari dapat di akses dan diselesaikan melalui layar HP. Tidak jarang orang akan terus-terusan menggunakan HP. Seringkali kita sampai lupa waktu pada saat menggunakan alat komunikasi yang canggih tersebut .

Tidak sedikit orang yang selalu melibatkan HP dalam setiap aktivitasnya, dari pagi hingga menjelang tidur, bahkan tertidur tanpa menjauhkan perangkat tersebut. Namun tindakan ini, meskipun mungkin umum, sebenarnya bahaya tidur dekat HP penuh dengan risiko kesehatan yang serius.

Berikut  beberapa bahaya terkait yang disebabkan kebiasaan tidur dekat HP .
  • Radiasi Elektromagnetik

Smartphone mengirim dan menerima sinyal radio yang berisi radiasi elektromagnetik. Tidur dengan smartphone yang aktif di dekat kepala, hal ini berarti kita akan terpapar radiasi ini sepanjang malam. Paparan sinar radiasi ini memunculkan penyakit seperti tumor otak, kanker, Alzheimer, Parkinson, kecapaian (fatigue), dan sakit kepala.

  • Gangguan Tidur

Tidur dekat dengan smartphone dapat mengganggu pola tidurseseorang. Notifikasi dari panggilan, pesan teks, atau notifikasi lainnya di tengah malam dapat membangunkan atau mengganggu tidur seseorang dalam fase yang lebih dalam.  Hal ini dapat mengakibatkan tidur yang tidak memadai dan masalah kesehatan jangka panjang yang terkait dengan kurang tidur.

  • Merusak Sel-sel Otak

Paparan radiasi dari HP dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel otak karena gelombang elektromagnetik mudah menembus ke otak, dengan rusaknya sel-sel otak akan dapat meningkatkan risiko terjangkitnya berbagai jenis penyakit seperti tumor otak, Alzheimerautism, masalah pada perilaku

  • Kualitas Tidur yang Buruk

Studi telah menunjukkan bahwa tidur dengan smartphone di dekat pengguna, dapat mengurangi kualitas tidur secara keseluruhan. Sinar biru yang dipancarkan oleh layar smartphone juga dapat mengganggu produksi hormon melatonin, yang penting untuk pengaturan siklus tidur.

Bahaya tidur dekat HP mungkin tampak sepele tetapi memiliki bahaya potensial yang serius bagi kesehatan dan kualitas tidur.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *