Ini 6 Manfaat Tidur dalam Kondisi Gelap

Setiap orang mungkin memiliki kebiasan tidur yang berbeda-beda

Konten159 Views

Channel Indonesia – Setiap orang mungkin memiliki kebiasan tidur yang berbeda-beda. Baik dalam hal waktu, tempat, maupun kondisi kamar. Termasuk juga dalam masalah penerangan ketika tidur.

Sebagian orang memang lebih suka tidur dalam kondisi lampu dimatikan. Tetapi ada pula yang lebih nyaman ketika dalam keadaan terang.

Berbagai penelitian telah mengungkapkan bahwa salah satu solusi untuk mencapai kualitas tidur yang baik yaitu dengan menjaga ruangan tetap gelap.

Bukan tanpa alasan, tidur di ruangan gelap sangat disarankan karena menyimpan beragam manfaat positif yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat tidur dalam kondisi ruangan gelap

1 Meningkatkan Fokus Mental

Tidur di ruangan gelap dapat membantu meningkatkan fokus mental. Hal ini dapat terjadi jika mendapatkan kualitas tidur tanpa gangguan setidaknya selama 6 jam. Sehingga meningkatkan fokus mental dan kewaspadaan di siang hari.

Sebaliknya tidur di ruangan terang lebih berisiko menderita depresi dibanding ruangan yang gelap. Sudah umum diketahui bila gangguan tidur juga berkaitan erat dengan risiko depresi.

Dengan pencahayaan redup malam hari membantu perubahan fisiologis yang menyebabkan depresi pada manusia. Hal ini dapat terjadi melalui ritme sirkadian yang terganggu atau penekanan melatonin.

2. Tertidur dengan cepat dan membuat tidur lebih efektif

Tidur dalam kondisi gelap dapat membuat seseorang cepat tertidur sehingga membuat tidurnya lebih nyenyak dan lebih efektif. Kegelapan dapat meningkatkan relaksasi yang bisa membantu untuk tertidur dengan lebih cepat.

Sebagaimana diketahui bahwa otak sangat sensitif dan dapat mendeteksi cahaya sekecil apapun serta menghentikan produksi melatonin yang berperan besar dalam meningkatkan kualitas tidur. Oleh karena itu, pastikan untuk mematikan semua lampu agar lebih mudah tertidur.

3. Membuat Mata Lebih Sehat

Tidur dalam gelap dapat memberikan kelegaan yang sangat dibutuhkan mata. Kegelapan penting karena akan melindungi dan juga membuat mata beristirahat dengan optimal.

Terlebih lagi bagi anak-anak, mereka sangat dianjurkan untuk tidur di ruangan gelap. Hal ini dikarenakan dipercaya dapat menekan kemungkinan mereka untuk menderita kondisi mata seperti miopia.

4. Melindungi Kulit dari Penuaan Dini

Terrdapat penelitian yang menunjukkan tidur dalam gelap membantu meningkatkan regenerasi sel yang membantu menjaga kulit lebih muda. Saat tubuh dalam keadaan istirahat total, proses regenerasi sel dapat ditingkatkan. Lalu pada gilirannya membantu memperlambat proses penuaan dini.

5. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Pada sebuah jurnal Chronobiology Internasional  disebutkan bahwa orang yang menerima banyak paparan cahaya saat tidur cenderung memiliki tekanan darah yang lebih tinggi, daripada orang yang tidur dalam keadaan gelap.

6. Menurunkan Risiko Diabetes

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa tidur dalam kegelapan dapat membantu mengurangi risiko terserang diabetes tipe 2.

Studi ini juga menemukan bila tidur dalam cahaya terang dapat menyebabkan resistensi insulin, sehingga meningkatkan peluang terkena diabetes.

Berikutnya studi tersebut juga merekomendasikan orang-orang harus tidur di ruangan gelap untuk menurunkan risiko terkena penyakit berbahaya ini.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *