Dokter Ahli Kejiwaan: Solusi Sering Terbayang Masa Lalu Sebelum Tidur

Kenapa Ketika ingin tidur, saya selalu terbayang masa lalu yang menyakitkan Dok?

Headline, Konten383 Views

Channel Indonesia – Pertanyaan:

Kenapa Ketika ingin tidur, saya selalu terbayang masa lalu yang menyakitkan Dok?

Ini membuat saya tak nyaman, Bagaimana solusinya Dok?

AD(Pria, 40 Tahun)

Jawaban:

Daya ingat secara sederhana terbagi menjadi daya ingat jangka pendek dan daya ingat jangka panjang. Bila suatu informasi dirasakan penting maka informasi tersebut akan disimpan ke dalam daya ingat jangka panjang.

Informasi ini bisa diakses sewaktu-waktu dibutuhkan. Ingatan mengenai hal yang negatif biasanya lebih detail dibandingkan dengan ingatan mengenai hal yang positif.

Manusia banyak melakukan kesibukan di luar waktu tidur seperti belajar, bekerja, berinteraksi dengan orang lain. Aktivitas-aktivitas tersebut membutuhkan konsentrasi penuh sehingga di saat itu kita mungkin tidak memikirkan hal lain.

Saat menjelang tidur biasanya kita cenderung mengurangi aktivitas dan tidak melakukan aktivitas yang membutuhkan konsentrasi penuh. Pada saat inilah mungkin ingatan-ingatan mengenai kejadian-kejadian yang sudah lama berlalu muncul.

Kita harus melakukan evaluasi mengenai ingatan apa yang selalu muncul,apakah terus menerus ingatan yang sama atau berbeda-beda, ingatan tersebut mengandung muatan emosi yang seperti apa, sejauh mana munculnya ingatan masa lalu tersebut mengganggu.

Bila ingatan-ingatan masa lalu ini muncul tanpa bisa dikendalikan dan dirasakan mengganggu atau bahkan sampai mengganggu tidur atau fungsi sebaiknya segera berkonsultasi ke profesional di bidang kesehatan jiwa.

Sementara menunggu waktu berkonsultasi Anda dapat menjalankan pola hidup sehat seperti mengatur pola makan,berolahraga dan berjemur secara teratur, menerapkan higienitas tidur yang baik termasuk di dalamnya tidak menggunakan nikotin,kafein dan alkohol. Anda juga bisa bercerita mengenai hal ini kepada orang yang Anda percaya sehingga mungkin ada kelegaan dan ketenangan.

dr Alvina, SpKJ

Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa

Primaya Hospital Bekasi Barat

Tentang Konsultasi Kesehatan. (Dari berbagai sumber/Annisa)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *