Ini 12 Makanan yang Bisa Membantu Untuk Tidur Nyenyak

Tidur adalah salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang.

Konten227 Views

Channel Indonesia – Tidur adalah salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang. Tidur merupakan cara yang dapat dilakukan untuk mengistirahatkan tubuh setelah beraktivitas seharian penuh.

Kualitas tidur yang baik merupakan kunci dalam menjaga kesehatan tubuh. Namun beberapa individu sering mengalami kesulitan dalam tidur. Penyebabnya beragam, mulai dari mengalami kecemasan, stres, sampai kepada kepada kebiasaan tidur yang buruk.

Meskipun jumlah tidur yang dibutuhkan setiap orang bervariasi, kebanyakan orang dewasa membutuhkan setidaknya tujuh jam tidur setiap malam. Sehingga tentu saja pola tidur yang buruk akan mempengaruhi kesehatan tubuh.

Apalagi tidur merupakan aktivitas penting untuk meregenerasi sel-sel yang rusak, mengatur hormon, memperbaiki sel otot, dan membantu memperkuat daya ingat.

Untuk itu, agar tidur semakin berkualitas, kita juga perlu memperhatikan setiap asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Berikut beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk membantu agar tidur lebih nyenyak.

Makanan yang bisa membantu untuk tidur nyenyak

Ini 12 makanan yang dapat dikonsumsi, untuk meningkatkan pola tidur yang baik:

1. Kiwi

Tidak hanya buahnya yang lembut dan lezat, tetapi kiwi juga kaya akan melatonin yaitu hormon alami yang dihasilkan tubuh untuk mengatur siklus tidur.

2. Nasi putih

Sejumlah riset menunjukkan bahwa konsumsi nasi putih dalam porsi sedang, setidaknya 1 jam sebelum tidur, baik untuk membantu mengatasi insomnia dan meningkatkan kualitas tidur. Ini karena nasi putih dapat meningkatkan kinerja asam amino triptofan dan hormon melatonin yang berperan penting untuk mengatur jam dan kualitas tidur

3. Pisang

Pisang mengandung potasium dan tryptophan, dua nutrisi tersebut dapat membantu merilekskan otot serta merangsang produksi serotonin dan melatonin. Sehingga dapat memberikan efek menenangkan, membantu kalian tertidur dengan nyenyak.

4. Kacang almond

Kacang almond merupakan salah satu sumber magnesium yang baik. Mineral yang terkandung didalamnya dapat membantu merilekskan otot serta sistem saraf.

Selain itu, kacang almond juga mengandung protein, membantu menjaga kadar gula darah selama malam hari, dan mencegah gangguan tidur.

5. Teh chamomile

Minum teh chamomile sebelum tidur merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur. Salah satu jenis teh herbal yang cukup populer ini mengandung antioksidan dan zat yang dapat mendorong kantuk serta mengurangi rasa cemas.

6. Sayuran hijau

Sayuran hijau memang sudah diketahui banyak mengandung serat, vitamin, magnesium, kalsium, dan sebagainya. Misalnya seperti bayam dan pok coy, yang kaya magnesium dan vitamin B, serta mampu membantu tidurmu lebih pulas.

7. Salmon

Salmon merupakan salah satu sumber omega-3, yang dapat membantu meningkatkan produksi melatonin. Asam lemak didalamnya juga memiliki antiinflamasi yang dapat membantu meredakan stres dan memersiapkan tubuh untuk tidur dengan baik.

8. Cherry

Cherry, merupakan salah satu sumber alami melatonin, yang bisa membantu mengatur pola tidur, dan meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan.

9.  Susu dan olahannya

Susu, keju, dan yogurt, dikenal sebagai sumber triptofan yang baik dikonsumsi untuk membantu tidur lebih nyenyak dan tenang. Menggabungkan sereal rendah gula dengan susu rendah lemak atau pisang dengan yogurt rendah lemak merupakan salah satu camilan sehat sebelum tidur.

10. Teh herbal

Minum teh herbal. Seperti chamomile atau lavender, sebelum tidur dapat memberikan efek menenangkan. Tanpa kafein, teh herbal dapat membantu merilekskan sistem saraf, sehingga membantu memersiapkan tubuh untuk tidur.

11. Alpukat

Mungkin banyak yang belum tahu kalau ternyata alpukat termasuk makanan yang dapat membantu mengatasi gangguan tidur. Alpukat mengandung vitamin B yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu mengatur kualitas tidurmu.

12. Bayam

Terakhir terdapat sayur bayam yang mengandung magnesium, mineral yang bisa membantu produksi melatonin. Mengonsumsi bayam dalam bentuk olahan sayur, atau smoothies sebelum tidur dapat menjadi pilihan yang baik.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *