Ini 9 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Pengidap Kolesterol ‎

Pengidap kolesterol  sebaiknya menerapkan pola hidup sehat, termasuk memahami beberapa makanan pantangan yang dapat memicu kolesterol tinggi.

Konten281 Views

Channel Indonesia – Pengidap kolesterol  sebaiknya menerapkan pola hidup sehat, termasuk memahami beberapa makanan pantangan yang dapat memicu kolesterol tinggi.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan pantangan kolesterol tinggi dapat mengakibatkan kambuhnya penyakit kolesterol hingga komplikasi serius. Maka dari itu, pengidap kondisi ini perlu mengenali beberapa pantangannya.

Apabila makanan yang dikonsumsi tidak dikontrol, atau dengan kata lain makan sembarangan baik itu jenis, kandungan, dan porsinya bisa memicu semakin naiknya kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh, yang punya efek domino bisa mengakibatkan berbagai masalah kesehatan contohnya penyakit kardiovaskular, stroke, hingga penyumbatan pembuluh darah.

Lantas apa makanan pantangan bagi penderita kolesterol tinggi? Berikut ulasannya.

Makanan yang sebaiknya dihindari oleh pengidap kolesterol tinggi.

 1.Jeroan

Jeroan adalah makanan yang kaya akan kandungan zat besi, sehingga bisa memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Di sisi lain, pengidap kolesterol tinggi harus berhati-hati dalam mengonsumsi makanan yang satu ini.

Jeroan atau daging organ dalam yang biasanya terdiri dari hati, paru, hingga jantung ini mengandung kadar kolesterol dan purin yang tinggi. Oleh karena itu penderita kolesterol dan asam urat disarankan untuk membatasi konsumsi jenis makanan ini.

  2. Gorengan

Makanan yang digoreng hadir dengan kandungan lemak trans, dapat mengubah makanan sehat menjadi makanan peningkat kolesterol. Lemak jahat (LDL) dihasilkan dari penambahan hidrogen ke minyak nabati, yang kemudian digunakan dalam banyak makanan panggang yang beredar di pasaran, atau makanan digoreng seperti kue kering, kue, kentang goreng, onion ring, dan kerupuk, ini makan buruk bagi kadar kolesterol dalam tubuh.

3. Kulit Ayam

Daging ayam merupakan salah satu makanan yang aman bagi pengidap kolesterol selama Anda memilih bagian yang tepat. Namun sebaiknya Anda jangan makan kulit ayam. Kulit ayam  adalah lemak. Terlebih jika pengolahannya dengan cara digoreng menggunakan minyak, maka jumlah kalori dan kolesterol pun semakin meningkat.

4. Udang

Meski dikenal rendah lemak, udang juga merupakan makanan yang mengandung kolesterol cukup tinggi. Di dalam 100 gram udang mentah terdapat 189 miligram kolesterol. Di mana angka ini lebih dari setengah asupan kolesterol harian yang disarankan. Itulah alasan mengapa udang menjadi salah satu pantangan kolesterol tinggi yang sebaiknya dihindari atau dibatasi konsumsinya.

5.Kuning Telur

Kuning telur punya protein yang baik bagi kesehatan tubuh, makanan ini juga cocok dikonsumsi sebagai menu diet. Meski begitu, pengidap kolesterol tinggi perlu berhati-hati mengonsumsi kuning telur, khususnya jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Anda dapat membatasi untuk mengonsumsi satu butir telur dalam satu hari untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap seimbang.

6. Daging olahan

Daging olahan, seperti sosis, bacon, dan hot dog, adalah contoh makanan berkolesterol tinggi yang harus dibatasi bahkan pantangan bagi orang dengan kolesterol tinggi. Asupan tinggi dari makanan ini terkait dengan peningkatan tingkat penyakit jantung dan kanker tertentu, seperti kanker usus besar. Suatu studi yang melibatkan lebih dari 614.000 peserta, menunjukkan hubungan dair setiap tambahan 2 ons (50 gram) porsi daging olahan per hari dengan risiko penyakit jantung 42 persen yang lebih tinggi.

7.  Dessert (makanan penutup)

Kue, es krim, kue kering, dan makanan manis lainnya memang enak dan menyenangkan, namun cenderung tinggi kolesterol, serta tambahan gula, lemak tidak sehat, dan kalori.Sering mengonsumsi makanan ini bisa berdampak negatif bagi kesehatan dan menyebabkan kenaikan berat badan seiring waktu. Penelitian juga mengaitkan asupan gula tambahan dengan obesitas, diabetes, penyakit jantung, penurunan mental, dan kanker tertentu.

8. Makanan Manis

Beberapa makanan manis seperti cake, cookies, atau donat mengandung kolesterol dan lemak jenuh yang tinggi karena campuran mentega di dalamnya. Rasa manis dari makanan ini pun berasal dari gula yang dapat meningkatkan kadar trigliserida darah atau lemak darah (lipid).

Kedua hal tersebut termasuk dalam faktor risiko yang dapat meningkatkan terjadinya penyakit jantung koroner. Pengidap kolesterol tinggi disarankan untuk membuat makanan manis sendiri di rumah dengan bahan rendah lemak sekaligus rendah gula agar lebih sehat.

9. Makanan Cepat Saji

Selain karena gizinya kurang lengkap, makanan cepat saji atau junk food mengandung kolesterol tinggi karena proses pengolahannya. Oleh karenanya, sebaiknya jadikan makanan cepat saji seperti kentang goreng, ayam goreng tepung, burger, dan sejenisnya

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *