Ini 7 Makanan yang Dapat Sebabkan Menstruasi Terlambat dan Tidak Teratur ‎

Menstruasi  atau haid merupakan situasi bulanan yang dialami oleh setiap wanita.

Konten240 Views

Channel Indonesia – Menstruasi  atau haid merupakan situasi bulanan yang dialami oleh setiap wanita.Meskipun sama-sama mendapatkan haid setiap bulan, tapi masing-masing wanita mempunyai siklus menstruasinya sendiri.

Normalnya, siklus haid wanita setiap 21 hingga 35 hari terhitung dari hari menstruasi terakhir,  dan berlangsung selama dua sampai tujuh hari. Namun, tidak semua wanita bisa mengalami haid yang normal secara konsisten. Karena, haid juga bisa dipengaruhi oleh berbagai hal, yang menyebabkan haid menjadi terlambat dan tidak teratur.

Hal yang menjadi faktor utama penyebab telatnya haid selain hamil adalah pola makan, dan makanan yang dikonsumsi.

Dari makanan, semua bisa mempengaruhi faktor lainnya, misalnya seperti mood swing, munculnya penyakit, hingga perubahan hormon.

Tidak hanya membuat haid terlambat, beberapa makanan juga bisa menyebabkan gejala, yang biasa timbul saat haid datang. Seperti nyeri, kram, kembung, hingga gangguan pencernaan.

Sehingga, jika kamu merasakan gejala haid yang sangat mengganggu hingga siklus berantakan, bisa jadi disebabkan oleh makanan yang kamu makan pada saat itu, atau satu minggu sebelum haid datang

 Berikut beberapa makanan penyebab menstruasi terlambat ataupun tidak teratur
1. Kombinasi Makanan yang Salah

Penting untuk memperhatikan jenis makanan gabungkan dan mencoba memakannya dengan cara yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan penyerapan nutrisi. Kombinasi yang salah seperti buah setelah makan siang dan teh saat sarapan mengganggu penyerapan nutrisi penting yang diperlukan untuk aliran menstruasi yang sehat dan teratur.

2. Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Olahan

Makanan olahan seringkali mengandung kalori yang tinggi, lemak tidak sehat, dan tambahan gula. Sehingga dapat menyebabkan penambahan berat badan, lonjakan kadar gula darah yang selanjutnya berdampak pada peran hormon estrogen dan progesteron yang diperlukan dalam siklus menstruasi.

 3. Melewatkan Waktu Makan

Mungkin dikarenakan gaya hidup yang sibuk atau pilihan pola makan yang buruk, wanita seringkali cenderung melewatkan waktu makan mereka. Hal ini dapat memperlambat metabolisme mereka dan menyebabkan makan berlebihan di kemudian hari yang dalam jangka panjang dapat menyebabkan kekurangan vitamin seperti B12, D3, zinc yang penting untuk menstruasi yang sehat.

 4.Konsumsi Minuman Beralkohol dan Bersoda

Penyebab haid terlambat selanjutnya adalah minuman beralkohol dan bersoda. Minuman beralkohol dan bersoda bisa mengakibatkan perut kembung, karena memiliki kandungan karbonasi.

Kembung yang meningkat, dapat menyebabkan siklus haid menjadi terhambat, sehingga bisa terjadi keterlambatan haid dan tidak teratur.

5. Konsumsi Minuman Berkafein

Tidak hanya minuman beralkohol dan bersoda, minuman berkafein seperti kopi pun bisa membuat meningkatkan gas dan memicu perut kembung. Sehingga, dipastikan bahwa kamu tidak mengkonsumsi minuman berkafein beberapa hari sebelum haid datang.

6.  Kekurangan Zat Gizi

Tidak disarankan hanya mengandalkan suplemen atau obat untuk memperbaiki kekurangan vitamin. Untuk mencegah kekurangan nutrisi, penting untuk mengonsumsi makanan seimbang yang mencakup beragam makanan kaya nutrisi. Jika Anda menduga mengalami kekurangan nutrisi, bicarakan pada dokter yang dapat membantu menentukan penyebabnya dan merekomendasikan pengobatan yang tepat atau perubahan pola makan.

7. Kurang Makan Buah dan Sayur

Buah dan sayur merupakan salah satu jenis bahan makanan yang kaya akan nutrisi dan serat, yang dapat membantu Anda merasa kenyang dan mengurangi risiko masalah hormonal. Menjaga mikrobioma usus yang sehat penting untuk kesehatan secara keseluruhan, dan juga dapat membantu meringankan gejala yang berhubungan dengan menstruasi.

Mengonsumsi makanan seimbang yang mencakup banyak serat, buah-buahan, dan sayuran dapat membantu mendukung mikrobioma usus yang sehat. Makanan kaya probiotik, seperti yoghurt, acar amla, asinan kubis, dan kefir, juga bermanfaat.

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *