‎ Ini 7 Tips Gunakan Earphone dengan Tepat dan Aman

pakah Anda termasuk orang yang sering mendengarkan lagu lewat earphone, earbud, atau headset? 

Konten567 Views

Channel Indonesia – Apakah Anda termasuk orang yang sering mendengarkan lagu lewat earphone, earbud, atau headset?  Melakukan beberapa pekerjaan sambil mendengarkan musik lewat earphone atau headset merupakan sebuah kebiasaan yang lazim ditemui.

Tidak hanya dilakukan saat sedang bekerja, orang-orang yang menunggu transportasi umum, menunggu antrean di suatu tempat, saat berolahraga, bahkan saat sedang makan, juga kerap menggunakan earbud untuk mendengarkan musik.

Kebiasaan menggunakan earphone setiap saat dan setiap waktu ini dapat merusak pendengaran. Penggunaan earphone yang tidak tepat dapat mengurangi fungsi pendengaran dan tidak jarang dapat membuat telingamu sakit, berdenging dan terasa nyeri.

Cara menggunakan earphone yang tepat dan aman penting untuk diketahui agar tidak menimbulkan masalah kesehatan di kemudian hari.  Sejatinya, penggunaan alat ini tidak berbahaya asal sesuai anjuran.

Berikut adalah 7 tips menggunakan earphone dengan tepat dan benar agar tidak menyebabkan masalah pendengaran.

 1. Pastikan ukurannya pas

Jika earphone kamu memiliki ears tip yang berbeda, pastikan memilih yang ukurannya sesuai dengan telinga. Sebab, jika terlalu besar dapat melukai saluran telinga. Baca Juga Tips Membersihkan Earphone Demi Mencegah Infeksi Telinga

 2. Pasang di telinga dengan benar

Setiap earphone memiliki tanda huruf R atau L, pakailah dengan sesuai mana yang telinga kanan dan kiri. Tanda huruf R untuk kanan dan L untuk kiri. Jika memasangnya terbalik, hal ini dapat menyebabkan telinga Anda terluka. Kemudian, saat memasukkan ears tip, miringkanlah ke atas dan ke arah depan kepala. Cara ini akan membantu menciptakan kesesuaian yang lebih baik karena saluran telinga mengarah ke depan dan atas kepala.

3. Pastikan telinga bersih

Bersihkan telinga Anda secara teratur. Sebab, jika telinga kotor, kemungkinan besar Anda akan terkena infeksi. Selain itu, konten audio tidak dapat  terdengar dengan jelas.

 4. Menggunakan Trik 60/60

Gunakan earphone tidak lebih dari 60 menit per hari, dan 60 persen dari volume maksimal.

Perlu diketahui, gelombang suara yang terlalu keras dapat merobek menembus gendang telinga hingga memicu kerusakan saraf!

5. Jaga earphone dalam volume yang aman

Gangguan pendengaran akibat headset dapat dicegah, asalkan volumenya tidak terlalu keras. Ketika telinga terkena suara dengan tingkat desibel yang tinggi, tekanan yang dihasilkan dapat merusak telinga. Kisaran desibel berkisar dari 0 dB hingga 140 dB (kedengarannya sangat keras sehingga menimbulkan rasa sakit).

Mendengarkan sesuatu yang melebihi 85 dB dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan gangguan pendengaran permanen.  Untuk itu, bagi orang dewasa usahakan volume earbud Anda antara 60 dB dan 85 dB. Namun, telinga anak-anak tentu lebih sensitif. Maka, volume maksimal untuk anak-anak kurang dari 82 dB.

6. Hindari Penggunaan earphone Saat Tidur

Saat tertidur, telinga dapat semakin tertekan karena menerima gelombang suara yang besar dari pemakaian earphone, apalagi kondisi koklea (rumah siput) cukup sensitif terhadap gelombang suara.

Saat mendengarkan musik semalaman hingga tertidur, telinga sudah tidak lagi “mendengarkan”. Selain itu, ada pula dugaan bahwa mendengarkan lagu saat tidur dengan earphone atau headset membuat otak jadi kurang beristirahat.

Parahnya, gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh alat tersebut juga dapat merusak sel-sel pada otak.

7. Istirahat teratur

Jangan lupa untuk mengistirahatkan telinga dari penggunaan earphone. Karena bakteri dan jamur suka tumbuh di tempat yang gelap dan lembab, mencabut earbuds juga memberikan kesempatan bagi saluran telinga untuk mengeluarkan udara sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi. Jika didengarkan selama berjam-jam, telinga dapat rusak secara permanen. Jadi, berikan waktu istirahat untuk telinga Anda.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *