Hati-Hati, Berikut 7 Bahaya Penggunaan Earphone Saat Tidur ‎

Pada era digital seperti saat ini, penggunaan earphone atau headphone telah menjadi hal yang umum terutama bagi para ‎pecinta musik dan pengguna smartphone.

Konten369 Views

Channel Indonesia – Pada era digital seperti saat ini, penggunaan earphone, headset atau headphone telah menjadi hal yang umum terutama bagi para ‎pecinta musik dan pengguna smartphone. ‎

Menggunakan earphone untuk mendengarkan musik dari smartphone atau gadget  sangatlah menyenangkan. Terdapat banyak aktivitas yang dapat ‎dilakukan sambil mendengarkan musik melalui earphone. Contohnya  seperti berolahraga, ‎belajar, bepergian, dan salah satunya yaitu untuk pengantar tidur.

Banyak orang yang memiliki gangguan susah tidur di lingkungan yang bising dan earphone merupakan salah satu cara untuk mengurangi kebisingan tersebut. Tidur sembari mendengarkan musik dapat membantu melepas stres atau sekadar relaksasi.

Akan tetapi disamping itu,  terdapat bahaya yang mengintai dari tidur menggunakan earphone untuk kesehatan tubuh. Hal yang lebih buruk lagi adalah saat kita ‎mendengarkan musik melalui earphone sebagai pengantar tidur dan tanpa disadari kita lupa ‎untuk melepasnya. Sehingga saat bangun dari tidur pun sering kita jumpai musik yang masih ‎terdengar melalui perangkat satu ini.

Berikut 7 bahaya yang mengintai saat tidur dengan mengenakan earphone:
  1. Muncul gangguan pendengaran

Kebanyakan earphone dapat menghasilkan suara sebesar 95 hingga 108 dB dimana ‎batas suara aman yang dapat didengar oleh telinga manusia ada pada angka 85 dB. ‎

Akibatnya dapat menimbulkan kerusakan saraf pada telinga dan kurangnya kepekaan ‎akan suara yang menjadi berkurang. Apabila volume yang didengarkan terlalu besar ‎serta dalam jangka waktu yang lama sehingga berujung pada gangguan ‎pendengaran.‎

  1. Penumpukan kotoran telinga

Saat memakai earphone di malam hari, bisa menghalangi sirkulasi udara di dalam dan sekitar telinga, yang menyebabkan kotoran telinga menempel erat ke dalam saluran telinga. Hal tersebuti berlaku terutama pada earbud dan dapat menjadi masalah dalam jangka panjang.

  1. Tidak menyadari keadaan darurat

Tidur dengan earphone di malam hari dapat mengakibatkan seseorang melewatkan tanda-tanda darurat seperti kebakaran, pembobolan, masalah medis atau situasi darurat lainnya.

  1. Otitis eksterna

Otitis eksterna terjadi ketika kulit di saluran telinga mengalami iritasi. Hal ini sering kali disebabkan oleh penggunaan earphone yang masuk jauh ke dalam saluran telinga.

Cairan mungkin mulai bocor di saluran telinga saat earbud ataupun headset bergesekan dengan bagian dalam telinga. Hal ini dapat menyebabkan peradangan yang dapat menimbulkan rasa sakit.

  1. Sakit kepala karena tekanan

Beberapa orang mungkin mengalami sakit kepala karena earphone yang terlalu ketat. Sehingga hal ini dapat memberi tekanan pada tengkorak mereka.

  1. Nekrosis

Nekrosis merupakan sebuah kondisi dimana terjadinya cedera pada sel yang disebabkan oleh tersumbatnya suplai darah ke jaringan terkait.

Nekrosis dapat diakibatkan oleh penggunaan earphone yang tidak pas di telinga karena posisi saat tidur yang berubah-ubah. Seiring lamanya pemakaian, saluran telinga dapat menyempit dan aliran darah semakin sulit untuk mengalir sehingga menyebabkan kumpulan jaringan yang mati atau nekrosis.

  1. Menyebabkan kerusakan otak

Pada saat tidur seluruh anggota badan sedang beristirahat. Sayangnya, hal ini tidak dapat ‎dialami oleh otak. Hal ini dapat terjadi ketika tidur sambil mendengarkan musik maka otak tidak ‎sepenuhnya beristirahat.

Apabila tetap mengabaikan, maka hantaran elektromagnetik yang ‎ada pada headset dapat merusak sel-sel otak.‎

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *