Ini 10 Makanan yang Dapat Turunkan Gula Darah Tinggi

Menjaga kadar gula dalam darah agar tetap stabil merupakan salah satu hal yang sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Konten282 Views

Channel Indonesia –  Menjaga kadar gula dalam darah agar tetap stabil merupakan salah satu hal yang sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Kadar gula darah tinggi atau dikenal sebagai hiperglikemia bisa memicu diabetes. Kondisi ini jika dibiarkan bisa berakibat pada serangan jantung, gagal jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Terdapat beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk membantu menurunkan gula darah agar kembali normal. Berikut ulasannya.

 Beberapa makanan yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah tinggi.
1. Makanan Laut

Makanan laut, termasuk ikan dan kerang, menjadi sumber protein, lemak sehat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang sangat penting untuk membantu mengatur kadar gula darah.

Dimana protein sangat penting untuk mengontrol gula darah karena membantu memperlambat pencernaan dan mencegah lonjakan gula darah setelah makan.

Mengkonsumsi ikan berlemak seperti salmon dan sarden juga telah terbukti dapat membantu meningkatkan regulasi gula darah. sebuah penelitian dengan orang dewasa yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas pada 26 ons, 750 gram pada ikan berlemak mengalami peningkatan dibandingkan dengan ikan tanpa lemak.

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau merupakan salah satu makanan penurun gula darah yang sangat cepat. Diketahui dalam sayuran hijau tidak memiliki kandungan pati. Dimana sayuran ataupun makanan yang mengandung pati yang tinggi mengandung indeks glikemik dan karbohidrat yang tinggi pula.

Selain itu, sayuran hijau juga kaya akan zeaxanthin dan lutein, yaitu sejenis antioksidan yang dapat memberikan perlindungan pada mata dari penyakit degenerasi makula dan katarak. Kedua masalah penglihatan ini juga dapat menjadi komplikasi serius dari penyakit diabetes.

 3. Kayu Manis

Kayu manis telah terbukti membantu mengatur kadar gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin, dan menurunkan kadar hemoglobin A1c. Rempah yang satu ini dapat ditambahkan ke hampir semua makanan atau minuman untuk menambahkan perasa.

 4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung magnesium, serat, protein, dan nutrisi yang tinggi, sehingga dapat menurunkan gula darah.

Kacang merupakan pilihan makanan atau camilan untuk penderita diabetes yang aman dikonsumsi. Pasalnya, kacang kaya serat dan protein. Kacang juga juga mengandung karbohidrat kompleks dan termasuk makanan yang memiliki indeks glikemik rendah.

Oleh karena itu, kacang lebih lama diubah menjadi glukosa, sehingga tidak menyebabkan kenaikan gula darah secara drastis. Tak berhenti di situ, makanan penurun gula darah ini juga diperkaya oleh magnesium yang turut berperan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Karena kacang dan lentil juga mengandung serat larut, pati resisten tinggi, yang akan membantu memperlambat pencernaan yang meningkatkan respons gula darah setelah makan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menambahkan kacang hitam atau buncis ke dalam makanan nasi secara signifikan menurunkan kadar gula darah setelah makan dibandingkan dengan makan nasi saja.

5. Buah Jeruk

Buah jeruk paling banyak disukai sebagian besar masyarakat karena dengan rasa yang asam, manis, dan segar.

Kandungan vitamin ,mineral dan serat yang baik dalam jeruk juga dapat menurunkan kadar gula darah.  Selain itu, jeruk juga kaya akan serat yang mengandung senyawa tanaman seperti naringenin, polifenol yang memiliki sifat anti diabetes.

6. Apel

Sebuah penelitian telah menemukan bahwa makan apel dalam 30 menit sebelum makan nasi secara signifikan dapat mengurangi kadar gula darah dibandingkan dengan makan nasi. Selain itu, apel juga mengandung serat, senyawa ,asam galat, dan asam klorogenat yang dapat membantu mengurangi risiko diabetes dan menurunkan gula darah.

7. Kefir dan Yogurt

Produk susu yang difermentasi pada kefir dan yogurt ternyata dapat menurunkan kadar gula darah, dimana seorang penelitian menguji bahwa diabetes tipe 2 mengkonsumsi air 20 ons(600 mililiter) pada kefir dan yogurt secara signifikan dapat mengurangi gula darah dan HbA1c.

8. Buah Berry

Buah berry sangat baik untuk dikonsumsi, karena buah ini mengandung vitamin, serat, mineral dan antioksidan yang dapat melakukan pengelolaan darah. Sebuah penelitian di tahun 2019 juga mengatakan mengkonsumsi 2 cangkir berry pada 250g secara signifikan dapat mengurangi gula darah secara terkontrol. Tidak hanya berry, strawberry, blueberry, dan blackberry juga sangat bermanfaat untuk mengatur gula dan meningkatkan pembersih glukosa dari darah.

9. Oatmeal

Oatmeal memiliki kandungan b-glucan di dalamnya yang dapat mengontrol kandungan glikemik. Hal ini menjadikan oatmeal adalah salah satu makanan yang ketika dikonsumsi tidak akan menyebabkan kenaikan gula darah.

B-glukan sendiri memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Misalnya adalah mampu mengurangi respon glukosa serta insulin setelah makan, meningkatkan sensitivitas insulin serta mengurangi lemak dan juga lupid yang ada di dalam darah.

10. Labu

Labu memiliki kandungan karbohidrat yang disebut polisakarida, yang dapat bermanfaat dalam mengatur gula darah. Studi menunjukkan bahwa labu dapat menurunkan kadar gula darah secara signifikan baik dalam penelitian terbatas pada manusia maupun penelitian pada hewan.

Selain itu, biji labu juga  kaya akan lemak dan protein sehat, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk mengontrol gula darah.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *