Terlalu kurus? Coba 7 Tips ini untuk Menambah Berat Badan secara Aman dan Sehat

Berat badan ideal tentunya menjadi dambaan bagi semua semua orang.

Konten160 Views

Channel Indonesia –  Berat badan ideal tentunya menjadi dambaan bagi semua semua orang. Berat badan yang ideal adalah sesuai dengan ketentuan BMI (body mass index) dimana skor BMI sendiri diukur berdasarkan usia dan tinggi badan.

Menurut penelitian, skor BMI yang berada pada nilai dibawah 18.5 menjadi salah satu tanda bahwa seseorang mengalami kekurangan berat badan.

Berat badan yang terlalu rendah atau underweight sendiri dapat berbahaya bagi kesehatan.

Untuk itu bagi orang yang mengalami berat badan kurang (underweight) dapat menambah berat badan dengan beberapa cara. Menambah berat badan memang menjadi tantangan tersendiri yang kerap membuat frustrasi.

Lantas bagaimana cara untuk menambah berat badan secara alami dan sehat? Berikut ulasannya.

Cara Menambah Berat Badan secara Aman dan Sehat
1. Pilih makanan padat gizi

Hindari makanan tinggi gula dan lemak berlebih. Lebih baik konsumsi  makanan padat gizi yang mengandung karbohidrat kompleks, lemak menyehatkan, serta protein.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi roti gandum utuh dengan sayuran, daging rendah lemak, buah-buahan, serta kacang-kacangan

2. Makan lebih sering, porsi sedikit

Daripada makan tiga kali sehari dengan porsi besar, coba makan 5-6 dengan porsi seperti biasanya. Hal ini dilakukan agar lebih mudah untuk menambah kalori tanpa kenyang berlebihan.

3. Pilih makanan padat kalori

Tambah asupan kalori dengan makanan padat kalori yang kaya akan lemak dan protein. Diantaranya seperti daging merah, kacang-kacangan, kentang dan susu full-cream.

4. Konsumsi camilan sehat

Untuk menambah kalori tambahan, jangan lupa untuk mengonsumsi camilan sehat seperti cokelat hitam, buah-buahan, buah kering, roti gandum, selai kacang, biskuit oat dan lain sebagainya.

5. Meningkatkan konsumsi protein

Protein berfungsi untuk membangun pertumbuhan tulang dan meningkatkan massa otot. Meningkatkan konsumsi protein juga dianjurkan dalam menambah berat badan. Secara medis, konsumsi protein dengan tujuan menambah berat badan diperlukan sebanyak 1-1,6 gram per kilogram berat badan per hari.

6. Olahraga rutin

Lakukan olahraga kekuatan otot seperti push up atau latihan barbel. Bermanfaat untuk tambah massa otot dan kurangi lemak.  Berbagai latihan ini akan membantu menambah massa otot dan mengurangi jaringan lemak.

Selain itu, olahraga rutin meningkatkan nafsu makan sehingga membantu orang-orang yang harus makan lebih banyak.

7. Banyak minum air mineral dan susu

Air mineral dan susu penting untuk kesehatan pencernaan dan metabolisme. Jangan lupa konsumsi susu segar atau produk olahan susu.

Jika masih kesulitan dalam menaikkan berat badan, maka konsultasikanlah dengan dokter. Hal ini karena underweight dapat terjadi karena kondisi medis. Seperti Infeksi, penyakit tertentu, malabsorbsi makanan atau gangguan psikologis.

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *