Berat Badan Ideal Dengan Metode Weight Loss Management, Apa Itu?

Weight Loss Management merupakan cara untuk memiliki berat badan yang ideal

Headline, Konten327 Views

Channel Indonesia –  Salah satu impian untuk memiliki berat badan ideal adalah dengan cara melakukan weight loss management. Apa itu?

Dokter spesialis gizi di klinik Eka Hospital BSD, Oki Yonathan mengatakan weight loss management bukan hanya program diet, tapi juga cara agar berat badan tetap di angka ideal.

“Weight Loss Management ini istilah yang digunakan untuk menjelaskan cara menjaga kesehatan berat badan serta memastikan berat badan Anda berada dalam keadaan yang proporsional dan mempertahankannya,” kata Oki dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan, Minggu (4/6).

Weight loss management biasanya bersifat fisik atau hal-hal yang dapat Anda praktekkan secara langsung. Tentunya, dengan menerapkan weight loss management, ada banyak manfaat yang bisa didapat. Yakni sebagai berikut:

– Menjaga berat badan

– Mencegah obesitas

– Menurunkan risiko masalah kesehatan

– Menjaga kesehatan mental

Tentunya, agar Anda bisa mendapatkan semua manfaat tersebut, sudah saatnya menerapkan weight loss management. Berikut caranya:

1.Makan perlahan dan minum air sebelum makan

Hal sepele yang sering dilewatkan banyak orang dalam mengonsumsi makanan yaitu cara makan yang terlalu rakus dan cepat. Mengonsumsi makanan dengan terburu-buru hanya akan meningkatkan rasa lapar akibatnya Anda makan lebih banyak.

Untuk menghindari hal ini, Anda juga disarankan minum air satu gelas sebelum makan. Serta usahakan menikmati setiap suap makanan yang Anda makan.

2.Perbanyak aktivitas fisik
Satu-satunya cara membakar kalori berlebih yaitu dengan melakukan aktivitas fisik. Dengan beraktivitas fisik 30 menit sehari, Anda sudah membakar sekitar 75-100 kalori. Aktivitas fisik juga tidak harus dilakukan dengan berolahraga, melainkan bisa juga membersihkan rumah ataupun pergi berjalan-jalan di luar.
3.Catat asupan kalori harian

Ilustrasi sayur dan buahIlustrasi. Mencatat asupan kalori harian salah satu tips menerapkan weight loss management.
Anda juga bisa mencatat asupan kalori yang dikonsumsi setiap hari untuk membantu kelebihan maupun kekurangan kalori serta nutrisi dari makanan. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat memilih dan mengetahui makanan apa saja yang harus dikonsumsi dalam sehari dan pada akhirnya pola makan yang sehat akan terbentuk dengan sendirinya.

4.Jangan lewatkan jadwal makan

Jika Anda berencana untuk melakukan pengurangan porsi makanan dengan melewati jadwal makan, sebaiknya pikirkan kembali pilihan tersebut. Melewatkan jadwal makan hanya akan membuat rasa lapar semakin tinggi, sehingga Anda akan mengonsumsi lebih banyak makanan. Tetap konsumsi makanan tiga kali sehari dengan porsi yang pas.

5.Mengurangi makanan rendah gizi atau junk food

Makanan cepat saji cenderung memiliki nilai kalori yang tinggi. Oleh karena itu usahakan untuk mengurangi makanan cepat saji dan beralih ke makanan yang Anda olah sendiri di rumah.
Demikian penjelasan mengenai weight loss management dan tips menerapkannya untuk menjaga berat badan ideal. (Dari berbagai sumber/Annisa)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *