Lakukan Ini, Pertolongan Pertama Pada Orang Pingsan

pertolongan pertama pada orang pinsan sembari menunggu tim medis datang

Headline, Konten381 Views

Channel Indonesia – Pertolongan pertama pada orang pingsan ada beberapa cara. Agar anda tidak salah mengambil langkah untuk menangani orang pinsan, simak pembahasan artikel dibawah ini.

Tidak sadarkan diri atau pingsan memeiliki pengertian seseorang yang tidak sadar terhadap lingkungan sekitar dan tidak mampu merespons. Ketika hal ini terjadi, segera hubungi tim medis dan unit gawat darurat.

Namun, ada beberapa tips untuk menjadi pertolongan pertawa kepada orang pingsan ketika sedang menunggu tim medis.

Berikut pertolongan pertama untuk orang pingsan

1 . Pindahkan ke tempat yang aman

Tips pertama adalah pindahkan ke tempat yang lebih aman dan nyaman untuk berbaring. Contohnya jika pingsan diakibatkan kerumunan konser, maka pindahkan ke tempat yang lebih sepi dan kondusif.

Jika pingsan dikarenakan upacara yang sangat terik. Maka pindahkan ke tempat yang lebih teduh dan nyaman.

2. Posisikan Terlentang

Orang yang pingsan dianjurkan untuk dibaringkan atau diposisikan terlentang. Mengutip dari Halodoc, kaki diposisikan lebih tinggi 30 cm dari dada.

Happy Indah Kusumawati dari Departemen Keperawatan Dasar dan Emergensi FKKMK UGM mengatakan pingsan terjadi ketika aliran darah ke otak melambat secara mendadak sehingga pasokan oksigen kurang. Menaikkan kaki akan meningkatkan aliran darah ke otak.

3. Longgarkan Pakaian dan Aksesoris

Pertolongan pertama untuk orang pingsan yang bisa dilakukan adalah melonggarkan pakaian dan aksesori. Orang yang pingsan mengenakan jaket yang cukup ketat, misal, bisa dibuka kancing atau resletingnya. Langkah ini akan memudahkan pernapasan.

4. Coba dibangunkan

 Jangan bayangkan seperti Anda membangunkan pasangan atau adik yang sedang tidur. Happy menyarankan untuk membangunkan orang yang pingsan dengan cara yang aman.

“Biasanya kalau pasien pingsan, itu masih ada refleks sadar, tapi kita bisa membangunkannya. Cara membangunkannya adalah cek respons dengan menepuk. Ketika pasiennya merespons, itu artinya aman,” kata Happy seperti dikutip dari laman UGM.

5. Berikan minuman manis

 Ketika orang pingsan sudah sadar, pasien bisa diberikan aromaterapi yang cukup kuat. Pasien dapat diberikan minuman hangat yang manis.

Minuman manis akan meningkatkan gula darah dan mengembalikan energi tubuh.

Pertolongan pertama untuk orang pingsan ini bisa dipraktikkan kapan pun sembari menunggu pertolongan medis. Pertolongan medis sangat diperlukan terlebih jika Anda melihat napasnya lemah, begitu pula dengan denyut nadinya.( Dari berbagai sumber/Annisa)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *