Lakukan Dengan Cara Ini Agar Tidur Siang Berdampak Baik Bagi Tubuh

tidur siang dapat bermanfaat untuk tubuh jika dilakukan 10-20 menit saja

Headline, Konten343 Views

Channel Indonesia – Tidur siang bisa dilakukan oleh semua orang karena memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Ada beberapa tips untuk anda agar memaksimalkan tidur siang.

Meski cuma sebentar, Anda tidak boleh menyepelekan tidur siang. Melansir dari Mayo Clinic, manfaat tidur siang meliputi relaksasi, mengurangi kelelahan, meningkatkan fokus, mood dan performa saat bekerja.

Hanya saja, cara tidur siang yang kurang tepat malah bikin orang tidur terlalu lama. Bukan manfaat, justru tidur siang bawa efek negatif termasuk sleep inertia (disorientasi saat bangun) dan susah tidur di malam hari.

Oleh karena itu, Tips ini sangat bermanfaat untuk anda mampu mengoptimalkan tidur siang tanpa kebablasan.

1 .Cukup 10-20 menit

 Jaga tidur siang tidak terlalu lama yakni cukup 10-20 menit. Semakin lama Anda tidur, semakin tubuh tidak nyaman saat terbangun. Yang lebih buruk, Anda akan mengalami sleep inertia dan sulit fokus kembali.

Sebaiknya pasang alarm sebelum tidur agar tidur tidak terlalu lama. Dilansir dari Sleep Foundation, jaga agar tidur maksimal selama 30 menit.

Sementara itu, dalam kasus tertentu, orang bisa tidur siang selama 1,5 jam. Tipe tidur siang ini disarankan buat mereka yang bekerja shift malam atau bekerja di unit gawat darurat untuk menghindari kelelahan

2 .Tidur sebelum jam 3 sore

Waktu terbaik untuk tidur siang adalah sebelum jam 3 sore. Waktu tidur di atas jam 3 sore hanya akan membuat tidur malam terganggu.

Waktu ini juga dirasa pas sebab biasanya timbul rasa kantuk setelah makan siang dan tingkat konsentrasi menurun.

3.Lingkungan yang mendukung

Tidur yang baik memerlukan lingkungan tidur yang baik pula sehingga menghindari terbangun tiba-tiba.

Buat mereka yang bekerja dari rumah (WFH), kamar jelas lokasi yang ideal. Tutup jendela untuk mengurangi cahaya yang masuk. Kemudian nyalakan white noise untuk menciptakan suasana tenang.

Jika bekerja di kantor, tidur di meja kerja tak jadi soal. Cukup siapkan penutup mata (eye mask) dan earplug untuk mengurangi distraksi.

4. Coba minum kopi

Caffeine naps sah saja dilakukan. Anda cukup minum kopi sebelum tidur kemudian bisa terbangun dengan tubuh yang segar.

Kafein tidak langsung memberikan efek buat tubuh. Perlu waktu sekitar 30 menit hingga kafein bekerja. Minum kopi atau teh sebelum tidur akan memberikan waktu buat kafein bekerja dan saat bangun Anda sudah merasakan manfaatnya.(Dari berbagai sumber/Annisa)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *