Hari Ayah Sedunia Jatuh Pada Bulan Juni 2023, Simak Sejarahnya

Hari ayah sedunia berbeda dengan hari ayah nasional di Indonesia

Headline, Konten596 Views

Channel Indonesia – Hari Ayah Sedunia atau World Father’s Day diperingati setiap tahun pada bulan Juni. Namun, tanggal Hari Ayah Sedunia setiap tahun tidak sama sebab peringatan ini dirayakan pada hari Minggu ke-3 di bulan Juni.

Ada perbedaan antara hari ayah nasional di indonesia dengan hari ayah sedunia. Lalu, bagaimana sejarah Hari Ayah Sedunia? Simak penjelasannya di bawah ini.

Dilansir situs National Today, Hari Ayah Sedunia diperingati pada hari Minggu ke-3 di bulan Juni. Dengan demikian, peringatan Hari Ayah Sedunia 2023 jatuh pada tanggal 18 Juni 2023. Pada peringatan tersebut, setiap anak di seluruh dunia dapat mengungkapkan rasa cinta dan sayang kepada ayah mereka.

Dikutip dari situs LiveScience, Hari Ayah Sedunia diawali dengan kisah dari kisah Sonora Smart Dodd pada bulan Mei 1909, di mana ia mendengarkan pidato Hari Ibu di Gereja. Setelah itu, Dodd ingin menetapkan sebuah hari untuk Ayahnya, William Jackson Smart.

Ibu Dodd meninggal saat melahirkan. Sang ayah yang merupakan veteran Perang Sipil akhirnya mengurus Dodd beserta lima saudara lainnya.

Awalnya, Dodd ingin merayakan Hari Ayah Sedunia pada tanggal 5 Juni sesuai dengan ulang tahun ayahnya. Ia juga mengajukan petisi agar hari tersebut diakui di kotanya dan menjadi hari libur.

Namun, butuh waktu banyak untuk mewujudkan keinginan Dodd. Akhirnya, Hari Ayah Sedunia pertama kali dirayakan pada tanggal 19 Juni 1910 menurut Konvensi Regional Spokane dan Biro Pengunjung.

Pada perayaan Hari Ayah Sedunia yang pertama, sejumlah anak perempuan memberikan bunga mawar kepada ayah mereka saat kebaktian Gereja. Bunga mawar merah sebagai apresiasi kepada ayah mereka yang masih hidup, sedangkan mawar putih untuk ayah mereka yang sudah meninggal.

Hari Ayah Sedunia diperingati setiap bulan Juni. Peringatan Hari Ayah Sedunia berbeda dengan Hari Ayah Nasional.

Hari Ayah Sedunia dijadikan sebagai hari libur. Presiden Lyndon Johnson mengeluarkan Proklamasi Presiden pertama untuk mengapresiasi Hari Ayah pada tahun 1966.

Peresmian hari libur dalam rangka Hari Ayah Sedunia dilakukan oleh Presiden Richard Nixon pada tahun 1972. Presiden Richard Nixon menandatangani Undang-Undang Publik yang menjadikan Hari Ayah Sedunia sebagai hari libur.

Hari Ayah Sedunia dirayakan secara global setiap bulan Juni. Berikut ini cara-cara merayakan Hari Ayah Sedunia.(Dari berbagai sumber/Annisa)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *