Doa Ketika Sulit Tidur Sesuai Sunah dan Dilindungi Allah

Ada tiga doa yang dapat dibaca bila susah tidur maupun insomnia.

Konten492 Views

Channel Indonesia – Bagi Anda susah tidur, Islam memberikan tuntunandoa susah tidur yang bisa dibaca agar bisa tidur nyenyak. Ada tiga doa yang dapat dibaca bila susah tidur maupun insomnia.

1. Doa Susah Tidur yang Dibaca Zaid bin Tsabit

Pertama, doa susah tidur yang disebutkan dalam kitab Ibnu Sinni, yang diriwayatkan dari sahabat Zaid bin Tsabit. Suatu ketika, Zaid mengadu kepada Nabi Muhammad SAW karena ia sedang susah tidur. Kemudian Nabi SAW bersabda, “Katakanlah:

اَللهُمَّ غَارَتِ النُّجُوْمُ وَهَدَاتِ الْعُيُونُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّوْمُ لَا تَأْخُذُكَ سِنَةٌ وَلَانُوْمُ، يَا حَيُّ يَاقَيُّوْمُ أَهْدِي لَيْلِي وَأَنِمْ عَيْنِي

“Allahumma ghoorotin nujuum wa haadatil ‘uyuun wa anta hayyun qoyyum laa ta’khudzuka sinatun wa laa naum, yaa hayyu yaa qoyyuum, ahdii laylii wa anim ‘ainii.”

‘Ya Allah, bintang-bintang tenggelam dan semua mata tertidur lelap, sedangkan Engkau Mahahidup abadi lagi terus-menerus mengurus makhluk-Mu, Engkau tidak pernah terkena kantuk dan tidak pula tidur. Wahai Yang Mahahidup abadi lagi terus-menerus mengurus makhluk, tenangkanlah malamku dan tidurkanlah mataku.’

Zaid bin Tsabit pun mengucapkan doa tersebut, ternyata Allah SWT melenyapkan kegelisahannya. Hadits ini dinukil dari kitab Al-Adzkar karya Imam Nawawi.

2. Doa Insomnia dengan Membaca Ta’awwudz

Kedua, yaitu doa susah tidur yang juga dicantumkan dalam kitab Al-Adzkar karya Imam Nawawi. Dalam riwayat Muhammad bin Yahya bin Hibban, dia bercerita bahwa Khalid bin Walid RA terkena penyakit tidak dapat tidur, lalu ia mengadukan hal tersebut kepada Nabi SAW.

Kemudian beliau SAW memerintahkannya agar ber-ta’awwudz ketika hendak tidur dengan membaca kalimat-kalimat Allah yang sempurna agar dilindungi dari kemurkaan-Nya dan dari kejahatan hamba-hamba-Nya serta dari godaan setan dan dari kedatangan mereka kepada dirinya.

3. Doa Susah Tidur yang Dibaca Khalid bin Walid

Ketiga yaitu hadits yang diriwayatkan dari Buraidah RA. Dalam riwayat ini disebutkan, suatu kali Khalid bin Walid mengadu kepada Nabi Muhammad SAW, dan berkata, “Wahai Rasulullah, aku tidak dapat tidur karena gelisah.”

Lalu Nabi SAW bersabda, “Apabila engkau beristirahat di peraduanmu, ucapkanlah:

اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَوَاتِ السَّبْعِ وَمَا أَظَلَّتْ، وَرَبَّ الأَرَضِينَ وَمَا أَقَلَتْ ، وَرَبِّ الشَّيَاطِينِ وَمَا أَضَلَّتْ، كُنْ لِي جَارًا مِنْ شَرِ خَلْقِكَ كُلِّهِمْ جَمِيعًا أَنْ يَفْرُطَ عَلَيَّ أَحَدٌ مِنْهُمْ وَأَنْ يَبْغَى عَلَيَّ، عَن جَارُكَ، وَجَلَّ ثَنَاؤُكَ، وَلَا إِلَهَ غَيْرُكَ ، وَلَا إِلَهَ إِلَّا انْتَ

Allahumma Robbas samaawaatis sab’i wa maa azhollat, wa robbal ardhiina wa maa aqollat, wa robbasy syayaathiina wa maa adhollat, kun lii jaaron min syarri kholqika kullihim jamii’an an yafrutho ‘alayya ahadun minhum wa an yabgho ‘alayya ‘azza jaaruka wa jalla tsanaa uka, wa laa ilaaha ghoiruka, wa laa ilaaha illaa anta.

“Ya Allah, Rabb tujuh langit dan semua yang dinaunginya, Rabb bumi dan semua yang di- muatnya, Rabb setan dan semua yang disesatkannya, jadilah Engkau pelindungku dari kejahatan semua makhluk-Mu, hendaklah tiada seorang pun di antara mereka yang berani berbuat sembrono terhadap diriku dan tiada pula yang berani berbuat aniaya terhadapku. Kuatlah perlindungan-Mu dan agunglah pujian-Mu, tiada Tuhan selain Engkau dan tiada Tuhan kecuali Engkau.” (HR Turmudzi)

(Alifah Dhuha/ Dari Berbagai Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *