Ini Cara Ampuh Atasi Baterai HP Cepat Habis

Daya baterai HP yang cepat habis  masih menjadi salah satu masalah bagi banyak pengguna.

Konten156 Views

Channel Indonesia – Daya baterai HP yang cepat habis  masih menjadi salah satu masalah bagi banyak pengguna. Beberapa mengeluhkan jika daya baterai mereka cepat habis atau bahkan cepat berkurang meski sedang tidak digunakan. Kondisi baterai HP cepat habis ini dapat terjadi saat kapasitas baterai pada ponsel atau smartphone terkuras dengan cepat atau tidak bertahan lama.

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi daya baterai yang cepat habis. Berikut penjelasannya.

Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis
1.      Turunkan Tingkat Kecerahan Layar

Tingkat kecerahan layar yang  tinggi akan sangat menguras baterai ponsel. Untuk itu, turunkan kecerahan ponsel pada pengaturan untuk menghemat penggunaan baterai. Atau dapat juga dengan mengaktifkan pengaturan penyesuaian kecerahan otomatis agar tidak sering melakukan setting ulang kecerahan layar.

Fitur ini mampu memeriksa intensitas pencahayaan sekitar pengguna melalui sensor jarak dan secara otomatis mengatur kecerahan ponsel

2.      Hindari Wallpaper Terang

Menggunakan wallpaper yang terang dan cerah memang memang bagus untuk tampilan HP kamu, Akan tetapi tidak begitu bagus untuk masa pakai baterai. Hal ini dikarenakan mereka akan membutuhkan lebih banyak energi untuk membuat warna cerah itu muncul di layar.

Jadi jika ingin menghemat baterai, coba untuk menggunakan wallpaper bernuansa gelap agar tidak memerlukan banyak energi untuk menggunakannya.

3.      Aktifkan Mode Gelap (dark mode)

Sebagian besar ponsel saat ini telah menggunakan layar Organic Light Emitting Diode (OLED) dan menyediakan mode tampilan tema gelap dan terang, biasanya dengan latar warna putih atau hitam.

Dengan mode gelap ini, panel-panel pada ponsel tidak akan menyala ketika layar menampilkan gambar hitam pekat, sehingga akan sangat menghemat daya.

4.      Aktifkan Mode Hemat Daya

Mode hemat daya (power saving mode) membantu untuk menghemat daya baterai saat HP digunakan dalam waktu lama. Saat  mode ini aktif, ponsel akan secara otomatis mematikan beberapa fungsi yang tidak perlu dan mengurangi kecerahan layar.

Dengan menggunakan mode ini, baterai HP  akan terjaga karena ia secara otomatis akan mengatur semuanya agar tidak cepat habis dan juga baterai HP tetap sehat dan tidak cepat habis.

5.      Batasi Sinkronisasi

Fitur HP untuk terus mengupdate notifikasi tentu akan mempercepat baterai HP. Batasi sinkronisasi aplikasi dan akun online, terutama jika sinkronisasi terus-menerus tidak diperlukan. Sinkronisasi yang berlebihan bisa menjadi penyebab baterai HP cepat habis

6.      Nonaktifkan Fitur GPS

Beberapa aplikasi membutuhkan informasi terkait GPS yang diperbarui setiap waktu, sehingga dapat membuat baterai HP cepat habis.

Akan tetapi futur GPS pada ponsel akan membutuhkan daya yang signifikan. Untuk itu, matikan GPS jika tidak diperlukan atau gunakan hanya saat diperlukan.

7.       Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Tutup aplikasi yang tidak Anda gunakan untuk menghindari mereka berjalan di latar belakang dan mengonsumsi daya baterai.

8.      Matikan fitur yang tidak selalu dibutuhkan

Fitur yang dimaksud adalah Wi-Fi, GPS, Bluetooth, dan fitur lain yang Anda rasa tidak terlalu dibutuhkan dan tidak mendesak untuk selalu aktif.

Memang, fitur-fitur tersebut punya kegunaan dan manfaat. Namun, tidak setiap hari Anda membutuhkannya. Dalam kondisi yang tidak mendesak atau pemakaian sehari – hari lebih baik pilih mode hemat dan matikan fitur-fitur tadi.

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *