Manfaat Air Madu Lemon bagi ‎kesehatan

Memulai pagi dengan secangkir air madu dan lemon tentu akan terasa sangat menyegarkan.

Konten486 Views

Channel Indonesia – Memulai pagi dengan secangkir air madu dan lemon tentu akan terasa sangat menyegarkan. Lemon dan madu bisa menjadi perpaduan antara asam manis yang sempurna. Minuman dari campuran lemon dan madu ini begitu menyegarkan, baik ketika disajikan hangat maupun dingin.

Air madu dan lemon dapat menjadi alternatif minuman yang sehat dibandingkan dengan  minuman bersoda atau dengan tambahan pemanis lainnya.

Lemon sendiri memiliki berbagai kandungan nutrisi di antaranya, vitamin C, air, protein, serat, magnesium, kalium, dan kalsium. Sedangkan madu mempunyai kandungan antibakteri alami dan antiinflamasi yang membuat madu banyak dipilih orang sebagai makanan yang sering dikonsumsi.

Jika keduanya digabungkan lemon dan madu bisa menjadi perpaduan asam manis yang sempurna. Di balik rasanya yang segar, madu dan lemon ternyata memiliki beberapa manfaat kesehatan, diantaranya sebagai berikut.

Manfaat Air Madu Lemon Bagi Kesehatan
  1. Mencegah penyakit ginjal

Madu dan Lemon merupakan bahan yang ampuh mencegah penyakit ginjal. Hal ini dikarenakan, lemon kaya akan asam sitrat yang dapat mencegah pembentukan batu ginjal dan mengikat kalsium dalam urine. Sehingga, dapat mengurangi jumlah kalsium yang tersedia dapat membentuk batu ginjal. Sementara itu, madu memiliki sifat antibakteri dan antiradang yang dapat melawan infeksi, termasuk infeksi yang terkait dengan penyakit ginjal.

  1. Menurunkan berat badan

Mengonsumsi madu dan lemon dapat menghancurkan lemak. Selain itu, madu dan lemon juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga asupan kalori harian makin sedikit. Supaya lebih terasa khasiatnya, sebaiknya imbangi dengan olahraga teratur dan pola makan yang sehat.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Lemon dan madu cocok untuk meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini karena madu mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel-sel jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Lemon juga dapat membantu mengurangi tekanan darah, terutama jika digunakan sebagai bagian dari pola makan yang sehat. Perlu diketahui bahwa tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung dan stroke.

  1. Mencegah kanker

Vitamin C yang terdapat pada lemon dan antioksidan yang ada pada madu dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Kerusakan sel inilah yang berkontribusi pada peningkatan risiko munculnya penyakit kanker. Dengan campuran madu dan lemon, sel-sel kulit yang rusak akan lebih cepat recovery.

  1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Madu memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan bakteri dan mikroorganisme berbahaya dalam saluran pencernaan. Madu juga mengandung prebiotik, yaitu jenis serat yang dapat menjadi makanan bagi bakteri baik dalam usus. Kandungan dalam lemon yaitu vitamin C sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan dan fungsi saluran pencernaan. Vitamin C dapat membantu dalam proses penyembuhan luka dan memperkuat dinding usus.

  1. Meningkatkan imunitas tubuh

Madu mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Madu juga bersifat antibakteri dan antivirus sehingga mencegah infeksi. Sementara lemon juga kaya akan vitamin C. Membantu produksi dan fungsi sel-sel kekebalan tubuh. Artinya, vitamin C dapat membantu tubuh melawan berbagai penyakit dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

  1. Mencegah infeksi saluran kemih

Madu memiliki fungsi antibakteri dan bisa membunuh kuman penyebab infeksi. Sedangkan lemon merupakan sumber vitamin C yang bersifat asam dapat mengubah pH urine menjadi lebih asam. Urine yang asam menciptakan lingkungan yang kurang bersahabat bagi bakteri penyebab infeksi saluran kemih untuk berkembang biak. Oleh karena itu, minum jeruk lemon dan madu membantu membersihkan saluran kencing. Itulah sederet manfaat minuman madu lemon untuk kesehatan.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *